BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 03 Desember 2013

Terseret Regional, IHSG Menguji Suport…

Selamat siang…
IHSG 6
Signal negative dari pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam, telah membuat indeks di kawasan regional Asia cenderung bergerak turun.  Akan tetapi, penurunannya sebenarnya terlihat tidak terlalu berbahaya karena sejauh ini, posisi indeks Hang Seng dan Strait Times masih berada diatas suport pertamanya.  Indeks Hang Seng memiliki suport pertama di 23844, sedangkan indeks Strait Times memiliki suport pertama di 3174. 
Padahal, koreksi indeks Dow Jones Industrial tersebut, belum tentu akan mengubah trend jangka pendek dari indeks tersebut menjadi sebuah trend turun.  Dalam 4 buah signal negatif yang muncul pada indeks tersebut sejak bulan Oktober, keseluruhannya adalah signal palsu (false signal).  Setelah muncul signal negative, indeks DJI malah kemudian bergerak naik mencetak level tertinggi baru.
Suport testing yang terjadi pada bursa regional ini, terlihat berlangsung juga pada pergerakan IHSG.  Hingga siang hari ini, aksi profit taking yang melanda, telah membuat IHSG menguji kisaran suport di 4275 – 4290.
Pemodal asing, sebenarnya malah cenderung dalam posisi beli meski hanya tipis, masih dibawah Rp 50 miliar.  Akan tetapi, posisi net buy tersebut sudah termasuk bagus karena pada perdagangan kemarin, pemodal asing hanya melakukan posisi net buy sebesar Rp 10,92 miliar.
Penembusan atas resisten 4275 yang terjadi kemarin, memang adalah sebuah signal positif jangka pendek dengan potensi kenaikan menuju kisaran 4400-4450.  Kondisi ini membuat pemodal sebaiknya tetap dalam posisi Buy on Weakness untuk mengambil kesempatan pada trend yang lebih panjang.
BOW: BMRI, BBRI, WIKA, WSKT, CTRA, CTRS, BSDE, ASRI, ASII, PGAS.
Dibuat :
Satrio Utomo
Head of Research Universal Broker Indonesia

Tidak ada komentar: