BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 14 Maret 2014

Isu Ukraina Topang Minyak

Minyak stabil hari ini, ditopang oleh isu geopolitik di Ukraina, yang melibatkan Rusia, produsen terbesar kedua dunia. Namun harga masih kesulitan menanjak karena adanya kecemasan mengenai ekonomi China.
oilfieldRusia menggelar latihan militer dekat perbatasan dengan Ukraina, meski Barat sudah memperingatkan Moskow akan konsekuensi sanksi bila referendum yang akan digelar Minggu nanti menjadi legitimasi untuk mencaplok Crimea. Wilayah di semenanjung Laut Hitam itu akan menggelar referendum untuk memilih bergabung dengan Rusia atau tetap di Ukraina. Dengan semakin dekatnya referendum, pasar semakin khawatir akan aksi dari kedua belah pihak.
Pihak Barat berulang kali siap memberlakukan sanksi ke Rusia bila referendum tetap digelar. Rusia sendiri mengatakan akan merespon segala bentuk sanksi. Pasar melihat salah satu senjata Rusia adalah minyak. Ada kekhawatiran Rusia bakal menghentikan pasokan minyak ke Eropa, termasuk Ukraina, bila Barat melakukan embargo. Sepertiga kebutuhan minyak Eropa dipasok oleh Rusia.
Tapi harga tak mampu naik karena ditahan oleh kekhawatiran soal ekonomi China. Tiga data, yaitu output industri, penjualan ritel dan investasi kemarin mengindikasikan akan adanya perlambatan ekonomi yang lebih tajam di kuartal pertama. Para pengamat memperingatkan tanpa ada tindakan, pemerintah sepertinya sulit mencapai target pertumbuhan 7,5% tahun ini. Bahkan para pejabat mengindikasikan target itu bisa berubah.
Pada jam 14:45 WIB, minyak jenis Light Sweet untuk pengiriman April diperdagangkan di $98,18 per barel. Kontrak itu sedang menuju kejatuhan mingguan terbesar dalam 9 pekan terakhir. Kejatuhan mingguan dimulai sejak minggu lalu, tapi sebelum itu, harga sudah naik selama tujuh minggu berturut-turut. Posisi harga saat ini berada di 50% retracement dari kenaikan 9 Januari-3 Maret. Kejatuhan ke bawah $97, bisa membawa harga menuju 61,8% di $96,57. Sedangkan resistance ada di $99,00, tapi kondisi bullish baru bisa diraih kembali bila berhasil menembus MA 25 di $101,30.

Tidak ada komentar: