BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 16 Juni 2011

2013, dunia krisis lagi?

Nouriel Roubini, ekonom senior AS yang pernah memprediksikan krisis ekonomi 2008, kembali membuat proyeksi suram, menyebutnya dengan badai sempurna (perfect storm) pada ekonomi dunia yang akan terjadi pada 2013.

Roubini, professor New York University yang punya sebutan Dr. Doom, mengatakan badai sempurna yang terdiri dari krisis fiskal di AS, perlambatan ekonomi China, krisis utang Eropa dan stagnasi Jepang, berpotensi merusak ekonomi global pada 2013.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dunia akan melambat di semester kedua tahun ini karena proses deleveraging berlanjut, stimulus fiskal ditarik dan kepercayaan merosot. Soal Washington, keterlambatannya mengatasi masalah defisit satu triliunnya sama saja menggali kuburan sendiri. Ia memperingatkan pasar obligasi akan teriak, meminta bunga lebih tinggi, yang dapat membahayakan pemulihan ekonomi AS.

Tingginya pengangguran di AS, lonjakan harga energi dan pangan, kenaikan suku bunga di Asia dan gangguan perdagangan karena gempa Jepang mengancam ekonomi dunia. Bursa saham dunia telah kehilangan $3,3 triliun sejak awal Mei, dan Roubini mengatakan pasar keuangan di semester kedua akan mencemaskan mengenai ancaman yang mengintai pada 2013.

Mengenai Eropa, ia memperkirakan para pejabat harus merestrukturisasi utang Yunani, Irlandia dan Portugal. Ia memperingatkan terlalu lama diam bisa menyebabkan perpecahan euro.

Soal China, ia memperkirakan ekonominya akan mengalami hard landing karena langkah pemerintah mendorong pertumbuhan melalui investasi menyebabkan kapasitas eksesif (excess capacity). Masalah lainnya adalah kredit macet, karena selama dua tahun terakhir, perbankan di China mengucurkan sekitar $2,7 triliun.

Meski ia berhasil memprediksikan krisis finansial global 2008, tebakannya pun pernah meleset. Berharap saja ia juga salah kali ini, karena proyeksi “perfect storm” terdengar menyeramkan.

Tidak ada komentar: