BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 18 Agustus 2011

Krisis Eropa kembali mencuat, emas kembali jadi safe haven

Emas bisa naik untuk ketiga kalinya setelah mencuatnya kembali kekhawatiran krisis Eropa. Hal tersebut akan menghambat pertumbuhan ekonomi global, memicu koreksi di pasar saham dan meningkatkan kembali peran emas sebagai safe haven.
Bursa saham terkoreksi setelah rally dalam 3 hari terakhir, menyusul pertemuan pemimpin Perancis dan Jerman yang gagal mengangkat sentimen karena tidak sesuai harapan pasar.
Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengajukan pajak untuk transaksi finansial dan koordinasi kebijakan ekonomi untuk mengatasi krisis utang Eropa. Tapi mereka tidak mengajukan kenaikan dana bailout atau penjualan obligasi zona euro.
Sementara kekhawatiran melambatnya perekonomian di kawasan zona euro mulai muncul setelah rilisan data PBD zona euro dan Jerman yang mengecewakan.
Menurut data Eurostat, PDB zona euro hanya tumbuh 0,2% di kuartal kedua, lebih rendah dari prediksi 0,3%. Secara tahunan, PDB tumbuh 1,7%, lebih rendah dari proyeksi 1,8%. Sedangkan PDB Jerman selama kuartal kedua hanya tumbuh 0,1% per kuartal dan 2,7% per tahun, lebih rendah dari prediksi 0,5% dan 3,1%.
Data-data tersebut semakin menambah kekhawatiran akan ketidakpastian ekonomi global. Di tengah ketidakpastian tersebut investor kembali memburu aset-aset safe haven, termasuk emas.

Rekomendasi

Tidak ada komentar: