BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 20 Desember 2012

Nego fiskal kandas, minyak terhempas

Minyak jatuh lagi hari ini karena negosiasi anggaran AS kandas lagi setelah Republik menolak rancangan Obama, menimbulkan kembali kecemasan soal jurang fiskal.
Pembicaraan rancangan fiskal AS mengalami kemunduran setelah Republik ternyata berencana mengajukan rancangan pajak alternatif atau “Rencana B” minggu ini yang mengabaikan perkembangan yang sudah dicapai. Gedung Putih dan Demokrat menolak rancangan itu karena memperpanjang pemotongan pajak era Bush. Karenanya, Presiden Obama mengancam akan memveto rencana itu bila Kongres menyetujuinya.
Hal ini memupuskan harapan bakal adanya kesepakatan pada akhir tahun. Tanpa ada kesepakatan, kenaikan pajak dan pemotongan anggaran otomatis senilai $600 miliar akan terjadi pada awal tahun depan, yang dapat menjerumuskan ekonomi AS kembali ke resesi.  Prospek itu tentu mengurangi permintaan minyak di AS. Meski ada jaminan dari pejabat AS deal masih bisa dicapai akhir tahun, harga minyak bisa tertekan seiring mendekatnya tenggat waktu.
Tekanan ke harga juga datang dari data Energy Information Administration (EIA) yang menunjukkan cadangan minyak berkurang 964.000 barel, lebih rendah dari prediksi 1,7 juta barel, dan cadangan bensin bertambah 2,2 juta barel, melebihi proyeksi yang 2 juta barel. Namun data ekonomi dari Jerman menjaga harga dari kejatuhan lebih dalam. Indeks sentimen bisnis Jerman hasil survei Ifo naik ke 102,4 di Desember dari 101,4 di Nopember, dengan prediksi 102,00.
Pada jam 14:50 WIB, minyak jenis Light Sweet untuk pengiriman Februari turun 41 sen ke $89,57 per barel. Harga Serangkaian indikator masih menunjukkan kondisi bullish, harga masih bergerak di atas Moving Average 25 hari. RSI (14) berada di 60, masih di bawah titik overbought 70. Stochastic (14,3,3) juga masih jauh dari titik overbought, dengan slow-nya masih di 58. MACD (12,26,9) baru memasuki area positif, dengan value di 0,20.
Tapi harga sudah menyentuh batas atas Bollinger Bands (14). Target ke atas adalah level $90, bila mampu ditembus, maka akan mencoba ke 90,33 (hi 2/12). Bila gagal lagi ditutup di atas $90,  harga berpotensi mengalami koreksi, dengan target terdekat 88,60. Koreksi lanjutan bisa membawanya ke 88,20.

Tidak ada komentar: