BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 02 Januari 2013

Pasar Sambut Deal Fiskal AS

Pasar keuangan dunia bergerak positif hari ini, dengan mata uang berisiko rally, menyambut baik kesepakatan di Washington untuk mencegah jurang fiskal. 
Gedung Putih dan Senat telah mencapai kesepakatan untuk mencegah jurang fiskal, namun hanya untuk menunda pemotongan anggaran selama dua bulan. Kesepakatan itu, bila disetujui kongres, akan menaikkan pajak untuk orang kaya, yang berpenghasilan $450.000 per tahun. Kesepakatan itu juga mencakup pemotongan anggaran, yang sekitar 50% diambil  dari pos pertahanan dan sisanya dari non pertahanan.
Kesepakatan ini hanya bersifat menunda pemotongan anggaran otomatis selama dua bulan. Bila disetujui Kongres, dan diteken oleh Obama, maka pemotongan anggaran $110 miliar baru dilaksanakan pada Maret. Tapi rancangan ini masih butuh persetujuan Kongres, di mana kubu Republik berencana mengubahnya jumlah pemotongan menjadi $330 miliar.
Kongres dijadwalkan menggelar voting hari ini, atau Selasa malam waktu setempat. Bila rancangan disetujui, maka jurang fiskal berhasil dicegah dan memberi awal positif di tahun baru ini bagi pasar keuangan dunia.  Sebaliknya bila kandas, pasar akan kecewa dan rally yang terjadi hari ini akan terhapus Selama ini, isu jurang fiskal menjadi momok karena dapat menjerumuskan ekonomi AS kembali ke resesi.
Kesepakatan Senat memicu risk appetite, hal ini tercermin dari kejatuhan dollar, dengan indeknya melemah dari 79,70 ke 79,35. Euro menguat 0,6% ke $1,3280, dengan $1,3306 (hi 19/12) menjadi target berikutnya.  Sterling menanjak 0,7% ke $1,6350 dan aussie melesat hampir 1% ke $1,0480. Dollar juga melemah atas franc dari 0,9150 ke 0,9080. Tapi dollar berhasil  menguat atas yen ke 87,11.
Prospek stimulus moneter masih menjadi faktor yang mengangkat nilai dollar atas yen. Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pidato menjelang tahun baru  kembali menegaskan ikrarnya untuk mengentaskan deflasi dan melemahkan yen. Pemerintahan baru  mendesak BOJ untuk menerapkan kebijakan stimulus agresif.
Data penting terjadwal hari ini adalah indeks ISM manufaktur AS, yang diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan. Data yang bagus akan menambah baik mood pasar.


Rekomendasi
EUR-USD


USD-JPY


GBP-USD


USD-CHF



AUD-USD







Tidak ada komentar: