BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 02 Januari 2013

Kongres setujui rancangan fiskal

Kongres AS memberi persetujuan final pada rancangan anggaran versi Senat yang menaikkan pajak untuk orang kaya, langkah yang berhasil mencegah jurang fiskal.
Melalui hasil voting 257 banding 167,  Kongres memutuskan untuk menerima rancangan kenaikan pajak untuk orang berpenghasilan $450.000 per tahun dan pemotongan anggaran sementara sebesar $110 miliar sampai akhir Februari. Senat meloloskan rancangan itu sebelum Tahun Baru dan Presiden Obama diperkirakan akan segera mengesahkannya.
Berdasarkan rancangan Senat itu, pajak pendapatan naik menjadi 39,6% dari 35%. Rancangan itu juga mencakup pemotongan anggaran, yang sekitar 50% diambil  dari pos pertahanan dan sisanya dari non pertahanan. Namun pemotongan anggaran itu hanya berlaku selama dua bulan, atau yang dikenal dengan sekuestrasi. Bila disahkan oleh Obama, maka pemotongan anggaran $110 miliar dilaksanakan sampai Maret.
Dengan disetujuinya rancangan itu, AS tidak lagi terancam jurang fiskal atau kenaikan pajak dan pemotongan anggaran otomatis yang seharusnya berlaku awal tahun ini. Namun drama politik baru bakal terjadi dua bulan lagi, ketika pemotongan anggaran sementara habis dan para politisi bernegosiasi soal pos-pos mana yang harus dikurangi dananya.
Ini merupakan anti klimaks bagi Republik, yang terpecah meski memiliki suara mayoritas di Kongres. Mereka sempat mengendalikan perdebatan namun daya tawar menjadi lemah ketika tidak mampu bersatu di belakang rancangan alternatif untuk melawan proposal Obama. Ketua Kongres John Boehner dan pemimpin Republik lainnya tak banyak bicara saat debat, kondisi tak lazim dalam voting penting.
Meski banyak anggota Republik yang tidak suka kenaikan pajak dan ingin pemotongan anggaran yang lebih besar, mereka sadar jurang fiskal dapat menghancurkan ekonomi dan pasar keuangan. Hasil survei menunjukan publik akan menyalahkan partai itu bila jurang fiskal gagal dicegah.

Tidak ada komentar: