BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 21 Januari 2013

Regional Melemah, Pasar Antisipasi BOJ

Nikkei
      I
ndeks Nikkei mengalami kenaikan pekan lalu 2,9% sekaligus catat kenaikan mingguan untuk 10 kalinya dan yang terbaik sejak 1987. Ekspektasi stimulus agresif dalam rapat kebijakan awal pekan depan menjadi penyulut terbesarnya, bersamaan dengan pelemahan yen. Dalam rapatnya pekan depan BOJ menargetkan inflasi 2%.  Indeks Nikkei ditutup melonjak 303,66 poin, atau 2,86%, ke posisi 10.913,30.
      Indeks Nikkei masih berpeluang menguat, ditengah sebagian pasar coba mempertimbangkan untuk merilis keuntungan jelang rapat regular Bank Sentral Jepang (BOJ) hari ini sampai besok, dan juga pencapaian indeks pekan kemarin yang cetak rekor tertingginya dalam 32 bulan. Kalangan pasar menilai langkah BOJ yang akan menelurkan kebijakan agresif untuk menjauhi deflasi. Pelemahan yen dapat batasi kejatuhan indeks.

Rekomendasi


Kospi
      Indeks Kospi harus kembali bertengger di zona positif akhir pekan lalu. Beberapa saham unggulan jadi pemicu kenaikan indeks, karena menyambut baik terhadap rilisan data pertumbuhan ekonomi Cina. Kendati mengalami kenaikan pekan depan, indeks akan dipengaruhi sentimen dari Jepang pasca rapat BOJ yang direncakan akan melaksana stimulus agresifnya. Indeks Kospi ditutup naik 13,58 poin, atau 0,69%, ke posisi 1.987.85.
     Pergerakan indeks Kospi kali ini kemungkinan akan bergerak menguat kendati terbatas. Sentimen membaiknya data AS turut angkat sentimen sembari menantikan perkembangan baru dari kondisi Jepang. Saham ekspor Korsel jadi fokus, dengan melihat bagaimana hasil rapat BOJ pekan ini.

Rekomendasi


Hang Seng
       I
ndeks Hang Seng mengakhiri perdagangan pekan kemarin berhasil menguat ke posisi tertingginya dalam 19,5 bulan. Saham-saham yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi berhasil jadi penyumbang terbesar kenaikan setelah data PDB Cina di kuartal empat yang tumbuh menjadi 7,9% dari sebelumnya 7,4%. Data ini menjadi sinyal pemulihan sektor ekspor Cina terus berlanjut Indeks Hang Seng ditutup menguat 262,02 poin, atau 1,12%, ke posisi 23.601,78.
      Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak pada kisaran terbatas, aksi ambil untung bisa terjadi setelah pencapai level tertinggi 19,5 bulan akhir pekan lalu. Bersamaan dengan sikap pasar yang tengah menyikapi hasil rapat BOJ pekan ini. Kendati penurunan terbatas karena sentimen Cina yang masih baik pasca ekonomi tahun lalu yang menunjukkan perbaikan.

Rekomendasi







Tidak ada komentar: