BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 04 April 2013

Dollar koreksi Karena Data ADP, ISM

Dollar melemah atas rivalnya karena data yang menunjukkan lapangan kerja swasta AS tidak tumbuh sesuai harapan dan sektor jasanya melambat.
ADP Employment Change, yang menunjukkan lapangan kerja swasta hanya tumbuh 158.000 bulan lalu, di bawah prediksi 200.000. Hal ini menimbulkan kecemasan bahwa data payroll Jumat nanti juga akan di bawah prediksi. ADP memang merevisi angka pertumbuhan bulan sebelumnya menjadi 237.000 dari 198.000, namun tidak membantu sentimen.
Selain itu, indeks ISM non manufaktur turun ke 54,4 di Maret dari 56,0.  Ini mengindikasikan sektor jasa AS sedang melambat. Kedua data itu menimbulkan kekhawatiran mengenai tingkat pertumbuhan ekonomi AS. Sub indeks ketenagakerjaan dalam data itu juga turun, menambah kecemasan menjelang data payroll. Data ini menyusul indeks ISM manufaktur yang juga menunjukkan perlambatan.
Dengan buruknya data ADP dan ISM, data payroll ada kemungkinan juga tidak sesuai harapan. Sebagai gambaran data payroll, nanti malam ada initial jobless claims. Alhasil, dollar jatuh atas semua rival utama. Indeks Dollar melemah 0,6% ke 82,70. Dollar melemah atas franc sampai ke 0,9440 semalam, kini diperdagangkan di 0,9450. Terhadap yen, dollar melemah sampai 92,70, sebelum stabil di 92,98.
Mengingat rekam jejak BOJ yang suka mengecewakan, pasar mengantisipasi kemungkinan  hasil rapat reguler dengan mengurangi posisi short yen. Ini menjadi salah satu alasan yen reli atas dollar dalam beberapa minggu terakhir. Tapi rekam jejak itu ketika masih di bawah gubernur lama, yang punya platform beda dengan yang sekarang. Gubernur baru Haruhiko Kuroda pernah berjanji siap membuat gebrakan untuk mengentaskan deflasi.
Pasar sudah memfaktorkan bakal ada pelonggaran atau stimulus dari BOJ, jadi sulit membuat kejutan kecuali jumlahnya besar sekali. Kalaupun nantinya mengecewakan, Kuroda mungkin masih bisa tetap menjaga ekspektasi untuk rapat selanjutnya tiga minggu lagi. Kuroda akan menggela jumpa pers pada siang nanti, setelah ada keputusan pagi ini.
Selain BOJ, BOE dan ECB juga akan mengumumkan keputusannya hari ini. Diperkirakan tidak ada kejutan dari BOE, yang hanya mempertahankan rate dan stimulus moneternya. ECB juga kemungkinan tidak mengubah suku bunga, tapi perlu dicermati apa yang akan disampaikan oleh Presidennya Mario Draghi mengenai kondisi terkini di Eropa, termasuk soal Siprus.
Menjelang ECB, euro menguat sampai $1,2878 semalam, namun masih gagal menembus Moving Average 200 hari di $1,2880, sekarang ada di $1,2845. Euro bisa menguat lagi bila Draghi berhasil menenangkan pasar. Kondisi sebaliknya terjadi bila ia menyampaikan pernyataan yang dovish dan membuka kemungkinan pelonggaran.

 Rekomendasi
EUR-USD


USD-JPY


GBP-USD


USD-CHF


AUD-USD



Tidak ada komentar: