BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 14 November 2013

Emas Rebound Setelah Pernyataan Yellen

Harga emas mulai rebound dari level terendah satu bulanyya, didorong oleh pelemahan dollar serta aksi bargain hunting menyusul pernyataan wakil ketua the Fed, Janet Yellen, bahwa stimulus masih dibutuhkan.
Dollar jatuh setelah Wakil Ketua the Fed Janet Yellen mengatakan ekonomi AS masih di bawah potensinya, indikasi stimulus tidak akan dikurangi dalam waktu dekat. Janet Yelllen mengatakan pihaknya perlu lebih berupaya lagi untuk membantu pemulihan ekonomi sebelum kembali ke kebijakan normal. Testimoni yang dipublikasikan hari ini menyorot kondisi ekonomi AS yang belum sehat, dengan tingkat pengangguran yang masih tinggi dan inflasi rendah. Menurutnya, ekonomi AS masih di bawah potensinya dan diperlukan pemulihan yang kuat agar pembelian aset bisa dikurangi.
Pernyataan dovish Yellen tersebut berhasil menenangkan pasar. Dollar koreksi, sementara harga komoditas dan bursa saham mengalami penguatan. Isu pengurangan stimulus sebelumnya telah membuat harga emas terpuruk menuju level terendah satu bulannya menyusul data-data ekonomi AS yang positif. Turunnya harga emas ke level terendahnya satu bulannya berhasil menarik minat bargain hunting.
Investor masih akan terus mencermati data ekonomi AS untuk menjadi tolak ukur kapan the Fed akan mulai mengurangi stimulusnya. Data ekonomi AS yang selanjutnya akan dirilis nanti malam adalan initial jobless claim.
Sementara dari sisi teknikal, indikator stochastic sudah mulai oversold, memungkinkan terjadinya rebound lanjutan. Resistance terdekat berada di $1.289. Jika berhasil ditembus, maka akan membuka potensi kenaikan lanjutan menuju kisaran $1.305 – $1.328.
Rekomendasi
Gold

Tidak ada komentar: