BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 05 Desember 2013

ECB Baru Bertindak Lagi Tahun Depan?

Bagi yang berharap ada hadian Natal lebih awal dari ECB mungkin akan kecewa. Setelah pemangkasan suku bunga bulan lalu, para pengamat  melihat ECB belum punya alasan untuk bertindak lagi.
Mario DraghiKenaikan inflasi menjadi 0,9% di Nopember dari 0,7% di Oktober, mengurangi peluang ECB akan melonggarkan kebijakannya lagi di akhir tahun ini. ECB diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya di 0,25% hari ini, setelah memangkasnya dari 0,50% bulan lalu. Meski diperkirakan tidak mengumumkan keputusan baru, nada sang presiden Mario Draghi, dalam jumpa persnya nanti, kemungkinan tetap dovish.
Proyeksi ekonomi terbaru yang akan diumumkan nanti diperkirakan akan menunjukkan inflasi zona euro tetap di bawah target 2% sampai 2015, menambah tekanan ke ECB untuk bersiap mengambil tindakan di tahun depan. Dalam konferensi pers, Draghi akan mengumumkan proyeksi ekonomi dan inflasi terbaru untuk 2014 dan 2015. Satu hal yang penting dalam arah kebijakan yang diambil ECB, tegrantung dengan apa yang diproyeksikannya pada 2015 nanti.
Estimasi teranyar itu dapat memberi masukan ke pasar akan pandangan ECB soal inflasi dalam jangka menengah. Bila proyeksi itu memperlihatkan inflasi masih di bawah target, para analis memperkirakan 1,3-1,4%, bisa memperkuat ekspektasi ECB akan bertindak lagi awal tahun depan. Dalam jumpa pers nanti, Draghi kemungkinan akan menyebutkan beberapa opsi yang bisa diambil apabila inflasi di bawah target.
Di saat pemerintah lambat dalam menangani krisis di zona euro, ECB memainkan peran penting mencegah blok mata uang itu pecah. Tapi kini mendapat tentangan dari Jerman agar tidak melonggarkan kebijakannya lagi. Bagi Jerman kebijakan bunga rendah di kawasan menggerus nilai simpanan.

Tidak ada komentar: