BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 20 Februari 2014

Emas Lanjutkan Koreksi Pasca Fed Minutes

Emas melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini di Asia karena penguatan dollar setelah FOMC minutes yang mengindikasikan mendukung berlanjutnya pengurangan stimulus.
Minutes itu menyebutkan para anggota, lewat suara bulat, memutuskan mengurangi program pembelian obligasinya sebesar $10 miliar menjadi $65 miliar. Para pejabat menekankan komitmen untuk mengurangi program pembelian obligasi secara bertahap. Mereka sepakat pengurangan perlu terus dilakukan selama ekonomi membaik. Beberapa pejabat berpandangan kecuali propek ekonomi berubah, pengurangan stimulus, atau taper, tetap dilakukan sekitar $10 miliar tiap rapat.
Taper yang dilakukan oleh the Fed seiiring dengan pemulihan ekonomi AS, bisa mengurangi daya tarik emas sebagai lindung nilai atas inflasi. Harga emas anjlok ke level terendah 6 bulan pada 31 Desember karena prospek pemulihan ekonomi global.
Selain itu, tingginya harga pasca kenaikan sejak awal tahun, membuat investor melakukan profit taking. Jadi, wajar saja jika mengalami koreksi karena harga saat ini sudah dinilai terlalu tinggi.
Sementara dari sisi teknikal, candlestick kembali menunjukkan sinyal bearish, begitu pula dengan indikator stochastic yang dead cross di area overbought, masih mendukung adanya koreksi lanjutan. Selain itu, harga juga kini mulai bergerak di bawah support sebelumnya di $1.312.
Potensi koreksi masih terbuka untuk menguji support berikutnya di kisaran $1.302 – $1.305. Trend bullish jangka pendek bisa berakhir jika kemudian harga ditutup di bawah support tersebut.  

Rekomendasi

Gold

Tidak ada komentar: