BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 02 April 2014

Asia Bergerak Positif, ADP Employment AS Dinanti

Hang Seng 32Saham Asia bergerak positif hari ini menyusul penguatan Wall Street berkat data ekonomi AS. Selain itu, spekulasi mengenai stimulus China masih beredar, menjaga sentimen pasar. 
Indeks MSCI Asia Pasifik di luar China menguat 0,2% dan menyentuh level tertinggi dalam empat bulan. Indeks Nikkei reli 1,1%, turut didorong oleh pelemahan yen yang kini mendekati 104 per dollar. Indeks Kospi menguat 0,3% ke level tertingi tahun ini berkat tingginya minat beli asing. Indeks Australia ASX 200 mendekati level tertinggi dalam tiga minggu. Indeks Singapura STI menanjak 0,3%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng dibuka naik 0,6%.
Penguatan itu datang menyusul Wall Street, di mana indeks Dow Jones  naik 0,46% dan indeks S&P 500 naik 0,7%. Hasil itu merupakan respon atas laporan ISM yang menunjukkan indeks manufakturnya naik ke 53,7 di Maret dari 53,2 di Februari, meski di bawah prediksi 54,0.
Salah satu menu utama pasar minggu ini adalah data payroll AS. Menurut proyeksi, payroll tumbuh 200.000 selama Maret, naik dari 175.000 di Februari. Pertumbuhan besar itu membuat tingkat pengangguran turun 0,1% ke 6,6%. Sebagai gambaran awal data payroll, data ADP Employment Change diumumkan nanti malam. Data itu diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja swasta tumbuh 193.000 selama Maret.
Ekspektasi akan stimulus China menjaga sentimen pasar. Data manufaktur China yang menunjukkan perlambatan justru menambah harapan Beijing akan mengeluarkan stimulus untuk menjaga pertumbuhan. Ada spekulasi pemerintah berencana mempercepat proyek infrastruktur. Selain itu, bank sentral juga diisukan sedang mempersiapkan kebijakan baru.

Tidak ada komentar: