BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 30 April 2014

Asia Mixed, Jelang Hasil Rapat BOJ & The Fed

Nikkei
 
Indeks Nikkei ditutup turun pada perdagangan Senin lalu. Penurunan indeks utama Wall Street dan penguatan yen terhadap dollar akibat kecemasan atas krisis di Ukraina memicu sentimen negatif ini. Ketegangan di Ukraina semakin memanas setelah separatis pro-Rusia menyandera delapan personel militer Eropa dan menduduki stasiun TV di kota Donestsk akhir pekan lalu. AS dan Uni Eropa akan menambah sanksi pada Rusia. Indeks Nikkei ditutup turun 141,03 poin, atau 0,98%, ke posisi 14.288,23.

Bursa Jepang kembali buka hari ini. Pergerakan indeks diperkirakan akan berfluktuasi karena banyaknya faktor fundamental yang akan menggerakan sentimen, salah satunya hasil rapat BOJ siang nanti. Keputusan baru kebijakan moneter BOJ akan berdampak besar bagi pergerakan harga, salahnya satu yen. Volatilitas yen terhadap dollar mempunyai peran penting atas pergerakan indeks Nikkei. Selain itu, investor juga memfokuskan hasil rapat the Fed nanti malam, dimana sebelumnya investor akan disuguhkan data PDB kuartal satu dan ADP Employment AS.

Rekomendasi
NKI 30-04-14
NKI SIGNAL 30-04-14

Kospi
 
Indeks Kospi kemarin berakhir turun kendati indeks utama Wall Street catat hasil positif. Investor seperti masih berhati-hati sampai ada keputusan the Fed. Seiring dengan pemulihan ekonomi AS dan Eropa, saham terus menanjak. Namun valuasi sudah cukup tinggi, menjadikan laju terbatas. Indeks Kospi ditutup turun 4,49 poin, atau 0,23%, ke posisi 1.964,77.

Indeks Kospi dibuka sedikit menguat hari ini setelah sempat jatuh ke level terendahnya dalam satu bulan pada perdagangan kemarin, menyusul kenaikan Wall Street  dan data industrial output Korsel di Maret naik tipis 0,9%. Meski adanya sentimen positif kali ini, terlihat investor berhati-hati dalam menentukan posisi besar karena cermati kinerja keuangan korporat dan menunggu hasil rapat regular the Fed.

Rekomendasi
KSI 30-04-14
KSI SIGNAL 30-04-14

Hang Seng
 
Indeks Hang Seng  berakhir naik tajam dalam perdagangan kemarin, didorong oleh saham telekomunikasi yang berhasil menutupi kejatuhan saham kasino. Investor terus memburu dua operator seluler terbesar  Tiongkok, yaitu China Mobile, yang menguat 4,6%, dan China Unicom, yang melonjak 6,4%, mengangkat harga kedua saham itu ke level tertinggi sejak Januari. Hang Seng ditutup menguat 321,36 poin, atau 1,45%, ke posisi 22.453,89.

Peluang rebound indeks Hang Seng diperkirakan terjadi hari ini berkat kenaikan indeks Dow Jones semalam. Meski menguat indeks masih dibayangi kekhawatiran eskalasi ketegangan dan kemungkinan Rusia mendapat sanksi baru dari Barat. Fokus kini hasil rapat the Fed selama dua hari, kemungkinan akan mengumumkan pengurangan stimulus lagi. The Fed diperkirakan akan mengurangi program pembelian obligasinya sebesar $10 miliar menjadi $45 miliar, semakin menyusutkan likuiditas murah. Bila dilakukan maka sudah empat kali berturut-turut the Fed melakukan taper. Tapi the Fed kemungkinan besar masih menegaskan kebijakan akomodatif tetap berjalan untuk waktu yang lama

Rekomendasi
HSI 30-04-14
HSI SIGNAL 30-04-14

Tidak ada komentar: