BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 24 April 2014

Perusahaan China, CNOOC Lakukan Penjualan Surat Hutang Multimilliar Dollar

Ada cukup banyak investor yang mengantri untuk membeli surat hutang dalam mata uang dollar Amerika yang dikeluarkan oleh CNOOC Ltd senilai lebih dari $20 milliar.
CNOOC
Hasil dari penjualan surat hutang tersebut oleh CNOOC Ltd akan digunakan untuk lakukan pembayaran hutang senilai $15,1 milliar terkait akusisi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut terhadap perusahaan minyak Canada Nexen Inc yang dilakukan oleh perusahaan pada tahun lalu.

Kesepakatan penjualan surat hutang yang dilakukan oleh CNOOC yang juga merupakan perusahaan produsen minyak dan gas terbesar China berdasarkan jumlah outputnya tersebut diumumkan hanya berjarak sehari setelah sebelumnya pada hari Selasa Tencent Holdings Ltd umumkan penjualan surat hutang senilai $2,5 milliar, dimana kedua perusahaan tersebut menjual surat hutang dalam mata uang dollar yang juga menunjukkan bahwa keduanya menargetkan pembeli dari para money manager Amerika.

Surat hutang lama CNOOC dengan berbagai jangka waktu jatuh tempo, yaitu tiga, sepuluh dan tiga puluh tahun dan menawarkan tingkat suku bunga sebesar 0,85; 1,60; dan 1,50 persen poin diatas tingkat suku bunga yang ditawarkan surat hutang pemerintah Amerika.

Sedangkan surat hutang baru CNOOC untuk tiga tahun tawarkan bunga 1,757 persen, sepuluh tahun tawarkan bunga 4,304 persen, dan jangka waktu 30 tahun tawarkan bunga 4,981 persen.
BOC International, Citigroup Inc, Credit Suisse Group AG, Deutsche Bank AG, GOldman Sachs Group, JP Morgan Chase & Co, Morgan Stanley, dan UBS AG akan menjadi pihak yang membantu dalam penjualan surat hutang tersebut.

CNOCC pada hari Selasa kemarin menyatakan bahwa pendapatan perusahaan dari produk minyak dan gas pada kuartal pertama tahun ini alami kenaikan sebesar 6,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan berita positipnya kenaikan tersebut alami peningkatan didukung oleh akuisisi perusahaan terhadap Nexen. Produksi minyak mentah dan gas alam bersih juga alami kenaikan sebesar 16 persen, didorong oleh adanya peningkatan produksi dari asset-asset yang dimiliki Nexen di Kanada dan Eropa.

Tidak ada komentar: