BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 30 April 2014

The Fed, di antara Data PDB & ADP

Laporan ekonomi, yaitu PDB dan ketenagakerjaan swasta, bisa mendapat lebih banyak sorotan dibanding hasil rapat the Fed, kecuali ada kejutan dari rapat itu.
The Feds
The Fed kemungkinan akan mengakhiri rapat malam nanti dengan pengumuman mengurangi program pembelian obligasi sebesar $10 miliar menjadi $45 miliar per bulan. Sang ketua Janet Yellen sepertinya juga hanya akan mengulang “mantra“ biasa, yaitu kebijakan akomodatif masih diberlakukan sampai waktu yang lama.

Semua itu sudah diperkirakan oleh pasar, bahwa mereka hanya akan mengulang kalimat yang sama.  Soal ekonomi, the Fed mungkin mengakui adanya perbaikan setelah cuaca normal, tapi tidak akan banyak perubahan. Mereka mungkin menyadari adanya perkembangan positif yang terlihat dari data ekonomi selama Maret. Tapi itu sepertinya belum cukup alasan untuk  mengubah bahasa atau memberi sinyal baru mengenai prospek kebijakan.

Namun, tetap terbuka kemungkinan the Fed menyampaikan hal-hal yang mengejutkan.  Isu yang menjadi perhatian adalah kapan the Fed bisa melakukan pengetatan, dalam arti menaikkan suku bunga. Bisa saja, Yellen menyebutkan kata-kata yang bernada hawkish, yang memungkinan adanya pengetatan di masa mendatang, meski mungkin belum secara spesifik mengarah pada soal waktu.

Dua data yang diumumkan sebelum hasil rapat the Fed juga menjadi perhatian pasar, yaitu data PDB dan ADP. Data pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan buruk, yaitu hanya tumbuh 1,2% selama kuartal pertama, melambat dari 2,6% di kuartal sebelumnya. Tapi data ADP diperkirakan mengesankan, karena bakal menunjukkan lapangan kerja swasta tumbuh 210.000 selama April.

Pasar ingin melihat apakah kinerja pertumbuhan bisa lebih baik dari perkiraan. Bila benar, maka mendukung pandangan akan cerahnya prospek ekonomi AS, dan pertumbuhan  di kuartal kedua bisa lebih pesat.  Tapi pasar bisa saja maklum dengan rendahnya performa ekonomi di kuartal pertama karena faktor cuaca.

Sedangkan data ADP penting sebagai gambaran awal data payroll, yang akan diumumkan Jumat nanti. Pertumbuhan ideal adalah yang mendekati atau mencapai 200 ribu, karena dengan sebesar itulah, menurut banyak ekonom, tingkat pengangguran bisa ditekan atau dikurangi.

Tidak ada komentar: