BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 26 Juni 2014

Emas Koreksi, Konflik di Irak Masih Mendukung

Harga emas terkoreksi pada perdagangan hari ini di Asia ditengah naiknya bursa saham global, mengurangi minat beli safe haven. Investor juga mulai mengabaikan lemahnya data PDB AS semalam untuk fokus pada data-data ekonomi lainnya.

PDB AS kuartal 1 direvisi turun menjadi 2,9% dari sebelumnya 1%. Ini merupakan level terendah dalam 5 tahun terakhir. Harga emas sebelumnya diuntungkan oleh buruknya data tersebut, yang berdampak pada pelemahan dollar. Namun, investor akan kembali fokus pada data ekonomi AS lainnya, seperti data jobless claim yang akan dirilis malam nanti.

Sementara itu, ketegangan yang terjadi di kawasan Irak masih mendorong harga untuk tetap bertahan di atas $1300. Berita terakhir menyebutkan bahwa para teroris menyerang salah satu pangkalan udara terbesar di Irak dan menguasai beberapa ladang minyak kecil pada Rabu.

Pasukan dan penasihat militer AS telah tiba di Irak guna membantu pemerintah Irak mengatasi para teroris tersebut. Emas seringkali dipandang sebagai sarana lindung nilai ditengah gejolak keuangan dan geopoliik.

Sementara dari sisi teknikal, harga terlihat masih mampu bertahan di atas support $1306.42. Dengan begitu, trend jangka pendek emas masih berupa trend flat – naik, dengan resistance berada di kisaran $$1325 -  $1328. Namun, perlu diperhatikan bahwa indikator stochastic mulai overbought, indikasi penguatan mulai terbatas. Trend naik jangka pendek ini bisa berakhir jika harga menembus support $1306,42 tersebut, untuk fokus pada penurunan lebih lanjut di kisaran $1296 – $1300.

Rekomendasi
gold

Tidak ada komentar: