BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 20 Agustus 2014

Konsolidasi Asia, FOMC Minutes Dinanti

Hang Seng 29Saham Asia stabil hari ini menyusul penguatan Wall Street berkat data perumahan AS, yang menegaskan pemulihan.

Berkurangnya ketegangan geopolitik juga membantu sentimen. 

Indeks Nikkei masih flat, meski yen melemah ke level terendah dalam tiga minggu. Indeks Kospi juga masih flat.

Di Singapura, indeks STI menguat 0,22%. Indeks Hang Seng dibuka melemah 0,14%, setelah menyentuh level tertinggi dalam enam tahun kemarin. Di Wall Street, indeks S&P 500 naik 0,5% dan indeks Dow Jones mencapai level tertinggi sejak Maret.

Housing starts mencapai level tertinggi dalam delapan bulan, menambah bukti ekonomi AS semakin membaik. Sedangkan data lainnya menunjukkan inflasi di level terendah dalam lima bulan. Investor menganggap inflasi rendah sebagai pertanda kebijakan moneter the Fed tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik di Ukraina terus dilakukan. Di Timur Tengah, AS masih melakukan serangan udara untuk meredam sepak terjang kelompok teroris ISIS. Untuk saat ini, risiko eskalasi ketegangan di kedua wilayah sedang surut, memberi ketenangan ke investor.

Tapi dengan minimnya berita ekonomi baru, saham masih sulit menanjak jauh. Seiring pemulihan ekonomi dunia, terutama di AS, prospek saham tetap bullish. Apalagi saham global sudah mencapai valuasi yang tinggi, terutama di AS, di mana indeks utama sudah mencetak rekor beberapa kali sepanjang tahun ini.  Alhasil, pergerakan sering mentok.

Untuk nanti malam ada FOMC Minutes, yang dapat mengangkat sentiment bila menegaskan kebijakan akomodatif masih berjalan untuk waktu yang lama.

Tidak ada komentar: