BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 16 September 2014

Asia Coba Bangkit Jelang FOMC

Nikkei
 
Indeks Nikkei membukukan kenaikan dalam lima sesi perdagangan beruntun di akhir pekan lalu, dan juga berada pada level tetingginya dalam delapan bulan terakhir. Saham ekspor jadi pemicu kenaikan indeks bersamaan dengan pelemahan yen terhadap dollar. Indeks Nikkei ditutup menguat 39,09 poin, atau 0,25%, di 15.948,29, tertinggi sejak 8 Januari. Dalam sepekan lalu indeks menguat 1,8%.

Kembali dibuka hari ini bursa Jepang, indeks Nikkei mengalami pelemahan dampak dari kecemasan investor akan data ekonomi China dan AS yang mengecewakan. Meski mengalami penurunan, indeks masih berpotensi terus menguat seiring ekspektasi kelanjutan kebijakan moneter bank sentral Jepang untuk mencapai target inflasi 2,0%. Isu terpenting kini, bagimana hasil rapat the Fed. Investor mencari sinyal kapan the Fed menaikkan suku bunga acuan dan proyeksi ekonomi.

Rekomendasi
NKI 16-09-14
NKI SIGNAL 16-09-14

Kospi
 
Indeks Kospi melemah karena data China yang mengecewakan, Para investor juga enggan bertransaksi menjelang beberapa even penting minggu ini, salah satunya rapat reguler the Fed. Kejatuhan ini terjadi meski won melemah ke level terendah dalam 5 bulan. Indeks Kospi ditutup turun 6,04 poin, atau 0,30% di 2.035,82.

Indeks Kospi coba membalikan kejatuhan sesi sebelumnya dengan menguat hari ini di tengah bervariasinya penutupan indeks utama Wall Street semalam. Saham-saham teknologi Korsel diperkirakan terbebani karena merosotnya indeks teknologi Nasdaq. Disamping itu kenaikan indeks juga terbebani karena rasa khawatir akan prospek ekonomi China sebagai terbesar kedua dunia. China merupakan pasar ekspor utama Korsel.

Rekomendasi
KSI 16-09-14
KSI SIGNAL 16-09-14

Hang Seng
 
Indeks Hang Seng berakhir di level terendah dalam lima minggu, tertekan oleh data ekonomi China.

Kejatuhan bursa saham China, juga akibat data itu, memberi tekanan ekstra. Ini merupakan penurunan keenam sesi berturut-turut dari indeks Hang Seng. Tapi para analis mengatakan investor punya ekspektasi positif pada kebijakan Beijing, yang dapat menjaga pasar dari kejatuhan dalam. Indeks Hang Seng ditutup turun 238,33 poin, atau 0,97%, ke posisi 24.356,99.

Bursa Hong Kong yang perdagangan hari ini pembukaannya di tunda seiring ancaman badai Topang. Bila pun bursa kembali di buka, indeks Hang Seng berpotensi mengalami penguatan di tengah kenaikan indeks Dow Jones. Kenaikan indeks tidak lepas pula didorong aksi bargain hunting dari kejatuhan sebelumnya, dimana investor memburu saham-saham bervaluasi rendah. Meski menguat indeks, fokus investor tertuju hasil rapat the Fed besok, dimana rapat regular the Fed selama dua hari, dimulai hari ini.

Rekomendasi
 HSI 16-09-14
HSI SIGNAL 16-09-14

Tidak ada komentar: