BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 23 Juni 2015

Ekonomi China Membaik di Q2

China-economy Ekonomi China sedang menjalani pemulihan skala luas di kuartal kedua, menurut hasil survei terhadap berbagai perusahaan, mendukung klaim pemerintah ekonomi sedang membaik.

Laporan bertajuk China Beige Book (CBB) itu menyebutkan adanya peningkatan aktivitas di periode April-Juni. ”Kuartal kedua lebih baik dari pertama,” sebutnya. Laporan yang dibuat berdasarkan survei terhadap 2000 perusahaan dari berbagai sektor dan kawasan itu menyebutkan pemulihan didukung oleh beberapa faktor.

”Di antara sektor besar, dua perkembangan yang menonjol, yaitu ritel, yang mendapat pertumbuhan pendapatan meski harga turun, dan menggeliatnya kembali sektor properti,” sebut Leland Miller dan Craig Charney, penulis laporan itu. Keduanya menambahkan bahwa sektor manufaktur, jasa, properti, pertanian dan pertambangan mengalami pertumbuhan baik secara kuartal maupun tahunan. Hanya dua yang berbeda, yaitu pengapalan dan pariwisata, yang mengalami penurunan.

Laporan itu menyorot tren yang menyenangkan, pemulihan harga dan laba setelah berbulan-bulan deflasi.

Data itu menunjukkan 45% responden mendapat pertumbuhan laba secara tahunan, dan 37% responden melaporkan kenaikan penjualan. Meski tingkat pertumbuhan masih di bawah tahun lalu, paling tidak ini mencerminkan lepasnya dari belenggu penurunan harga.

Laporan itu juga menyebutkan salah satu alasan pemulihan ini tidak terliput dalam media atau data resmi karena didorong oleh perusahaan yang berada di kawasan tengah dan barat daya China. Namun masih ada kehawatiran, terutama lemahnya pemulihan belanja modal, yang masih rendah meski kenaikan harga saham yang biasa merangsang investasi.

Tidak ada komentar: