BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 23 Juni 2015

Optimis Deal Yunani, Emas Tertekan

Emas rebound tipis hari ini, setelah kemarin turun tajam akibat berkurangnya permintaan safe haven menyusul perkembangan positif dari perundingan Yunani.

Pagi ini emas naik ke kisaran $1186,76 setelah semalam jatuh 1,3%. Bursa saham Asia serta indeks futures AS terlihat menghijau setelah adanya harapan kesepakatan perundingan utang Yunani. Hal ini telah mengurangi permintaan safe haven atas logam mulia tersebut.

Sebelumnya emas mendapat dukungan dari alotnya perundinngan antara Yunani dan Kreditornya untuk menghindari default dan keluar dari zona euro. Hal ini telah mengangkat permintaan safe haven emas.

Namun, kekhawatiran tersebut kini mulai mereda setelah adanya tanda-tanda perundingan tersebut bakal menemui kesepakatan. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyampaikan proposal barunya kepada pemimpin zona euro, yang memyambutnya sebagai basis untuk pembicaraan lanjutan. Dalam pertemuan darurat kemarin, ia meyakinkan kreditor proposalnya sebagai solusi yang sesuai.

Sementara itu, data semalam menunjukkan exiting home sales tumbuh 5,1% selama Mei, di atas prediksi 4,8%. Kuatnya data ekonomi AS akan semakin mendukung prospek kenaikan suku bunga the Fed, yang akan memukul sentimen buat emas.

Dari sisi teknikal, pola evening star yang terbentuk di candlestick bisa menjadi pertanda bearish reversal bagi emas. Harga saat ini sudah bergerak di bawah support sebelumnya di kisaran $1190 – $1195. Indikator stochastic juga terlihat dead cross. Hal ini memungkinan adanya koreksi lanjutan untuk kembali menguji support berikutnya di kisaran $1162 – $1172.

Rekomendasi
rekom

Tidak ada komentar: