BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 22 Juni 2011

Atasi krisis utang, Eropa tambah dana talangan

Pejabat Eropa mencapai kesepakatan untuk menambah fasilitas talangan dan menyiapkan penggantinya. Mereka memperkuat dana talangan dalam rangka mengembalikan kepercayaan pasar terhadap kemampuan mereka dalam mengatasi krisis agar tidak menyebar ke negara lain.

Para menteri keuangan uni Eropa sepakat untuk menaikkan dana Fasilitas Stabilitas Finansial Eropa (EFSF) menjadi 780 miliar euro dari 480 miliar euro. Rencana untuk menambah dana talangan itu sebenarnya sudah diumumkan pada Maret lalu, tapi detilnya belum difinalisasi.

EFSF, yang dibentuk setelah bailout untuk Yunani tahun lalu serta dikucurkan juga untuk membantu Irlandia dan Portugal, tidak bisa digunakan secara penuh karena jumlah jaminan yang dibutuhkan untuk mempertahankan rating AAA. Para pejabat akhirnya sepakat untuk menaikkan jumlahnya agar kemampuan pemberian pinjamannya lebih besar.

Mereka juga menyepakati persyaratan Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), solusi permanen yang akan menggantikan EFSF pada 2013 nanti. Dalam konsesi untuk negara penerima bailout, penerbitan obligasi oleh ESM atas nama Yunani, Irlandia dan Portugal tidak akan punya status kreditor preferen (preferred creditor).

Hal ini dilakukan untuk mempermudah ketiga negara itu kembali ke pasar karena bila tidak, ESM harus dibayarkan sebelum pemilik obligasi. Ini membawa ESM sejajar dengan EFSF dan bertujuan mengatasi masalah negara yang sedang dalam program bailout, yang kemungkinan memburuk oleh transisi ke dana permanen.

Tidak ada komentar: