BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 22 Juni 2011

Euro koreksi, the Fed dinanti

Euro terkoreksi karena profit taking hari ini setelah pemerintah Yunani mendapat kepercayaan dari parlemen. Tapi koreksi kemungkinan bisa dibatasi menjelang hasil rapat reguler the Fed.
Pemerintah berhasil memenangkan kepercayaan parlemen melalui hasil voting 155 banding 143. Perdana Menteri George Papandreou berhasil melewati rintangan pertamanya. Ia selamat dan ini pertanda baik karena ada pemerintahan yang berfungsi.
Namun tugasnya belum usai karena ia harus meyakinkan parlemen untuk menyetujui rencana pengetatan tambahan, kenaikan pajak dan penjualan aset negara, yang merupakan syarat untuk mendapatkan bailout. Banyak yang memperkirakan dengan disetujuinya kabinet baru, Papandreou juga akan mendapat persetujuan atas rencana pengetatannya.
Papandreou akan bertemu anggota kabinet untuk membahas rancangan undang-undang atas rencana fiskal lima tahun, salah satu RUU yang harus disetujui pada akhir bulan untuk mendapatkan bailout dari Uni Eropa.
Sayangnya, euro terkoreksi hari ini, terkena aksi ambil untung. Euro jatuh hingga ke $1,4343, setelah bergerak di kisaran $1,44 semalam. Pasar memang sudah menduga parlemen akan menyetujui kabinet baru. Menurut analis, inilah bentuk “buy on the rumour and sell on the news”.
Meski demikian, koreksi euro tertahan menjelang hasil rapat reguler the Fed. Pasar belum mau menjual euro secara agresif karena ekspektasi Ketua the Fed Ben Bernanke akan menyampaikan pernyataan yang dovish soal ekonomi dan prospek kebijakan.
Ekonomi AS melambat dalam beberapa bulan terakhir, seperti ditunjukkan oleh beberapa indikator. The Fed kemungkinan akan mengakui kondisi itu dan mempertegas kebijakan akomodatif masih dibutuhkan.
Indeks dollar, yang mengukur pergerakan mata uang AS itu dengan 6 rival utamanya, saat ini stabil di kisaran 74. Mengikuti euro, sterling dan aussie juga terkoreksi hari ini. Pergerakan sterling hari ini akan dipengaruhi oleh BOE Minutes
Pasar juga akan mencermati pidato Presiden ECB Jean-Claude Trichet dan Gubernur BOE Mervyn King dalam jumpa pers yang dilaksanakan dewan risiko sistemik Eropa.

Rekomendasi
EUR-USD

USD-JPY

GBP-USD

USD-CHF

AUD-USD

Tidak ada komentar: