BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 17 Juni 2011

Greenspan: Yunani hampir pasti default

Mantan ketua the Fed Alan Greenspan mengatakan Yunani hampir pasti default dan bisa menjerumuskan ekonomi AS kembali ke resesi.

“Masalahnya adalah sistem politiknya gagal bekerja untuk mengatasi krisis Yunani. Kemungkinan Yunani tidak default amatlah kecil,” katanya.

Obligasi pemerintah Yunani anjlok, mendorong yield bertenor dua tahun mencapai 30 % untuk pertama kalinya, setelah Perdana Menteri George Papandreou gagal mendapat dukungan atas rencana pengetatan tambahannya. Hal ini menimbulkan spekulasi Yunani tidak akan mampu memenuhi kewajibannya. Lebih dari 20000 turun ke jalan di Athena minggu ini memprotes rencana pemotongan gaji dan kenaikan pajak.

“Kemungkinan Yunani default begitu tinggi hingga bisa dikatakan tidak ada jalan keluar,” kata Greenspan yang memimpin the Fed dari 1987 sampai 2006. Menurutnya, hal itu bisa membuat bank AS rugi besar.

“Krisis utang Yunani berpotensi menjerumuskan AS kembali ke resesi. Tanpa masalah Yunani, kemungkinannya rendah. Tidak ada momentum dalam sistem yang mengindikasikan kepadaku bahwa AS akan mengalami double dip,” katanya.

Tidak ada komentar: