BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 18 Desember 2012

Abe siap hidupkan kembali Dewan Ekonomi

Berjanji meningkatkan komunikasi dengan BOJ, kandidat perdana menteri Jepang Shinzo Abe  berencana menghidupkan kembali fungsi dewan kebijakan, memicu spekulasi bakal digunakan untuk menekan BOJ.
Abe mengatakan ingin melanjutkan pertemuan dengan Dewan Kebijakan Ekonomi dan Fiskal, yang dikenal berperan penting dalam memformulasikan kebijakan di masa Perdana Menteri Junichiro Koizumi, namun vakum sejak Partai Demokratik Liberal (LDP) tersingkir dari kekuasaan tiga tahun lalu. “Dewan ini akan menjadi pucuk kendali kebijakan makroekonomi,” kata Abe dalam jumpa pers menyusul kemenangan dalam pemilu Minggu lalu. “Di sana, kita bisa berdialog dengan bank sentral.”
Dalam jumpa pers tersebut, Abe juga mengatakan berkomitmen mengeluarkan ekonomi dari deflasi, menyesuaikan nilai tukar yen, menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan. “Itulah misi kami,” ujarnya.
Para pengamat mengatakan pernyataan itu merupakan indikasi ambisi Abe untuk segera menwujudkan janjinya menggairahkan ekonomi Jepang, termasuk mendesak BOJ menaikkan target inflasi dan melonggarkan kebijakan moneternya lagi. Dewan itu merupakan sarana bagi Abe untuk bisa segera menepati janji kampanyenya.
Abe, yang kemungkinan dilantik dalam sesi khusus parlemen pada 26 Desember nanti, akan punya peluang lebih besar untuk mempengaruhi kebijakan BOJ tahun depan ketika masa jabatan gubernur dan dua deputinya berakhir. Ia kemarin menegaskan ingin target inflasi 2%, yang diperkirakan bakal menambah jumlah pembelian aset. 

Tidak ada komentar: