BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 19 Desember 2012

Euro Tembus $1,32, Yen Gapai 84

Euro menguat atas dollar untuk tujuh sesi berturut-turut, menyentuh level tertinggi dalam hampir delapan bulan, setelah adanya perkembangan negosiasi anggaran AS mendorong risk appetite.
Safe haven dollar dan Treasury berjatuhan, sedangkan saham global melaju karena ekspektasi Kongres dan Gedung Putih akan mencapai kesepakatan pada akhir tahun untuk mencegah jurang fiskal. Tapi bila kesepakatan gagal dicapai dalam dua minggu, maka kenaikan pajak dan pemotongan anggaran otomatis senilai $600 miliar bakal diberlakukan. Ini berpotensi menjerumuskan ekonomi AS kembali ke resesi.
Presiden Obama membuat tawaran rancangan baru setelah Boehner membatalkan penolakannya soal kenaikan pajak untuk orang kaya. Obama memberikan tawaran ke Republik menaikkan pajak pada orang berpenghasilan $400 ribu per tahun, lebih tinggi dari tawaran sebelumnya $250 ribu. Meski belum ada hasil, adanya saling tawar menawar ini dianggap pasar sebagai kemajuan, setelah mengalami kebuntuan beberapa minggu.
Menurut analis, sentimen pasar semakin baik karena optimis deal dapat terwujud pada akhir tahun. Optimisme itulah yang menopang aset berisiko. Meski aktivitas perdagangan berkurang menjelang liburan akhir tahun, dan bisa memicu pergerakan tiba-tiba, selama optimisme masih ada, mata uang lawan dollar tetap bullish.
Euro juga terangkat setelah lembaga rating S&P menaikkan peringkat Yunani menjadi B- dengan outlook stabil dari default selektif. Beberapa analis mengatakan arus investasi akhir tahun bisa membantu euro melanjutkan penguatan, meski kekhawatiran soal suramnya prospek ekonomi kawasan bisa memicu aksi jual di awal tahun depan. Untuk hari ini, data sentimen bisnis Jerman hasil survei Ifo dapat mempengaruhi pergerakannya.
Euro diperdagangkan di $1,3240, dan menyentuh high di $1,3246, tertinggi sejak April. Ini merupakan bulan terbaik bagi euro, menguat 1,6% atas dollar. Euro mendapat tahanan di $1,3250, bila tembus akan coba lanjut ke $1,3275 dan menguji $1,33. Sedangkan support terdekat ada di $1,3200 dan $1,3184. Terhadap yen, euro menyentuh 11,70, tertinggi sejak Mei 2010. Sudah mencapai titik overbought, dengan RSI (14) ada di 80, pair ini rentan akan koreksi. Target selanjutnya adalah 112,50, sedangkan support di 100,90, bila tembus mencoba ke 100,20.
Yen semakin jatuh ke 84 per dollar menjelang rapat reguler BOJ hari ini, dengan keputusan diumumkan besok. Prospek pelonggaran BOJ masih terus menekan yen.  Tapi para pengamat tidak yakin BOJ bakal meluncurkan stimulus besar dalam rapat itu, mungkin bisa dilakukan bulan depan setelah kabinet baru terbentuk. Yen berada di 84,23 per dollar, setelah menyentuh 84,42, terendah sejak April. Yen mungkin akan konsolidasi dulu menjelang keputusan BOJ. Resistance terdekat ada di 84,60, dan support di 83,70.
Rekomendasi
EUR-USD


USD-JPY


GBP-USD


USD-CHF


AUD-USD


Tidak ada komentar: