BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 17 Desember 2012

Sentimen Jepang Topang Regional, Meski Tebing Fiskal Menghantui

Nikkei
      I
ndeks Nikkei penutupan akhir pekan lalu melemah terbatas, karena sikap investor yang lebih memilih wait and see jelang pemilu Minggu nanti.  Spekulasi semakin santer terdengar Ketua partai oposisi dari LDP, Shinzo Abe akan memenangkan pemilu. Harapan kebijakan baru dari pemimpin baru ini mendorong upaya pemulihan ekonomi. Indeks Nikkei ditutup turun 5,17 poin, atau 0,05%, ke posisi 9.737,56.
      Indeks Nikkei awal pembukaan perdagangan kali ini melejit di tengah pelemahan yen yang cetak rekor tahun ini 84,48 terhadap dollar. Dengan pelemahan yen ini membuat saham-saham berbasis ekspor melonjak, bersamaan dengan hasil pemilu kemarin yang telah dimenangkan Partai Demokratik Liberal (LDP) pimpinan Shinzo Abe. Dengan begitu langkah pemerintah baru untuk memerangi deflasi dan pelonggaran tak terbatas.

Rekomendasi


Kospi
      I
ndeks Kospi akhir pekan lalu ditutup turun, kendati dari data Cina yang lebih baik dari prediksi membantu memangkas kejatuhan indeks diawal perdagangan. Kalangan analis memperkirakan indeks akan kembali tapi area 2.000-nya dalam pekan ke depan, di tengah meningkatnya risk appetite global. Indeks Kospi ditutup turun 7,73 poin, atau 0,39%,  ke posisi 1.995,04, setelah sebelumnya indeks cetak penutupan tertinggi dalam tiga bulan.
     Indeks Kospi pekan lalu menorehkan kenaikan 1,9% dan juga menorehkan kenaikan mingguan kesembilannya, membuat sebagian investor melakukan aksi ambil. Pemilu Korsel pada pertengahan minggu ini, tidak banyak memberi dampak ke pasar, karena faktor eksternal yang menentukannya. 

Rekomendasi


Hang Seng
       I
ndeks Hang Seng penutupan Jumat lalu berhasil bertengger pada level tertingginya dalam 16 bulan, berkat data manufaktur PMI versi HSBC yang lebih baik dari prediksi memberi harapan upaya pemulihan ekonomi. Faktor data Cina yang membaiknya memberi suntikan tersendiri bagi indeks Shanghai yang secara tidak langsung memberi dorongan bagi saham-saham terkait. Indeks Hang Seng ditutup naik 160,40 poin, atau 0,71%, ke posisi 22.605,98.
      Kinerja bursa regional bergerak menguat hari ini di tengah sentimen Jepang pasca pemilu. Sentimen dari Jepang ini diharapkan memberi dorongan bagi indeks Hang Seng untuk testing resisten 22.800 yang sempat di catatkannya Juli dan Agustus tahun lalu. Meski bayang-bayang tebing fiskal AS masih menghantui jelang tenggat waktu akhir tahun ini.

Rekomendasi

Tidak ada komentar: