BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 21 Februari 2013

Emas rontok pasca FOMC minutes

Kemilau emas kian redup, logam mulia tersebut kembali terpuruk menuju level terendah tujuh bulannya pasca rilis FOMC minutes semalam
Debat mengenai apakah the Fed masih masih membutuhkan kebijakan stimulus berlangsung dalam rapat semalam. Beberapa anggota The Fed melihat bahwa kebijakan stimulus sebaiknya dikurangi, bahkan dihentikan sebelum pengangguran turun di bawah 6,5%.
Beberapa pejabat The Fed menyarankan agar program stimulus dihentikan karena bisa memicu instabilitas di pasar dan akan sulit dihentikan. Kubu yang menyarankan stimuus dihentikan ini disebut dengan hawkish.
Tapi komentar hawkish kemudian di-counter oleh kubu dovish, yaitu yang pro stimulus. Kubu ini mengomentari akan bahaya mengakhiri program secara prematur. Pada akhirnya, the Fed memutuskan untuk mempertahankan jumlah program pembelian aset, yang dilakukan sampai lapangan kerja membaik secara substansial. The Fed berencana mengevaluasi program itu dalam rapat 19-20 Maret nanti.
Kehawatiran akan berakhirnya program stimulus ini membuat emas terus mengalami tekanan. Isu tersebut kemudian melambugkan nilai tukar dollar, yang merupakan rival utama emas. Penguatan dollar ini tentunya tidak menguntungkan buat emas.
Di tahun ini, emas telah turun hingga 4,5%. Mulai pulihnya ekonomi di AS, yang ditandai dengan pasar properti di AS, membuat investor melirik bursa saham AS, dan meninggalkan asset safe haven. Outlook ekonomi global juga mulai terlihat cerah, ditandai dengan pulihnya ekonomi China.
Makin memperberat sentimen, para fund manager ternama, seperti George Soros juga telah mengurangi investasiemasnya di ETF. Selain itu, rendahnya permintaan fisik dari India dan China juga menjadi penyebab terpuruknya harga emas belakangan ini.
Dari kajian teknikal, meski indikator stochastic dan RSI sudah berada di wilayah oversold, pola reversal emas masih belum terlihat. Harga sepertinya akan menguji support kuatnya di kisaran $1.522 - $1.530.

Rekomendasi

Tidak ada komentar: