BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 26 Februari 2013

Emas terangkat oleh ketidakpastian pemilu Italia

Ditengah ketidakpastian situasi politik di Italia, permintaan emas kembali meningkat seiiring dengan perannya sebagai safe haven.
Italia kini tengah menghelat pesta demokrasi yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Hingga saat ini belum ada partai yang memiliki suara mayoritas. Ada empat kandidat yang bertarung dalam pemilu Italia. Mereka adalah : incumbent Mario Monti, Silvo Berlusconi, Pierluigi Bersani dan Beppe Grillo.
Kubu Monti dan Bersani lebih pro pada kebijakan austherity, sementara Berlusconi dan Grillo merupakan kubu yang anti austherity. Kubu Bersani saat ini masih memimpin, dalam kampanyenya dia berjanji akan melanjutkan upaya pembenahan fiskal yang sudah dirintis presiden Monti. Namun, ia akan kesulitan melakukan koalisi, terutama dengan pihak Berlusconi dan Grilli yang selalu menyerang program penghematan tersebut.
Ketidakpastian politik di Italia ini akan berpengaruh pada upaya pemulihan ekonomi di kawasan zona euro. Ditengah ketidakpastian politik tersebut, emas kembali dilirik oleh investor sebagai safe haven.
Turunnya bursa Wall Street semalam juga menjadi indikasi bahwa saat ini investor sedang menjauhi asset beresiko, dan lari kepada safe haven. Turunnya bursa Wall Street juga tidak terlepas dari mencuatnya kembali krisis Eropa.
Selain faktor safe haven, harga emas juga meningkat setelah adanya pembelian fisik dari China pasca liburan imlek.
Fokus pasar selanjutnya akan tertuju pada testimoni ketua The Fed, Ben Bernanke di hadapan kongres pada hari Selasa dan Rabu. Investor akan mencermati pernyataan The Fed khususnya mengenai kebijakan moneternya.
Dari sisi teknikal, pola three white soldier yang terbentuk di candlestick bisa mengindikasikan adanya pola bullish reversal setelah harga memenukan support barunya di $1.554.82. Indikator stochastic yang masih golden cross turut mendukung rebound tersebut. Namun, pola bullish emas ini akan mendapat hadangan dari resistance di $1.600. Jika mampu bertahan di atas resistance tersebut, rebound bisa berlanjut menuju kisaran $1.609 - $1.617.
Sebaliknya, jika tertahan di bawah resistance tersebut, maka emas berpeluang terkoreksi menuju kisaran support di $1.578 - $1.570.

Rekomendasi

Tidak ada komentar: