BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 05 Maret 2013

Rate RBA Masih Di 3,0%

Bank Sentral Australia (RBA) mempertahankan suku bunganya di 3,0% hari ini, namun mengatakan punya ruang untuk melonggarkan kebijakan lagi bila diperlukan untuk membantu ekonomi.
RBA mempertahankan rate di level tersebut untuk dua bulan berturut-turut, sesuai prediksi para pengamat. Dalam pernyataan resminya, Gubernur Glenn Stevens mengatakan Dewan memandang penting untuk menjaga kebijakan.”Dalam rapat hari ini, merujuk pada arus informasi terkini dan melihat adanya pelonggaran substansial sebelumnya, Dewan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga,” katanya.
Keputusan itu datang setelah serangkaian data yang dianggap RBA sebagai pertanda pemangkasan sebelumnya mulai membuahkan hasil. Penjualan ritel meningkat 0,9% selama Januari, di saat yang sama defisit transaksi berjalan menyusut dan adanya peningkatan belanja pemerintah selama kuartal keempat 2012.
Berbicara soal kondisi eksternal, Stevens  menganggap tekanan pada ekonomi global mulai berkurang. AS menjalani pemulihan moderat dan gejolak finansial di Eropa mereda dibandingkan tahun lalu. Di Asia, pertumbuhan terhambat oleh perlambatan China dan resesi Eropa, tapi tetap ada tanda-tanda stabilisasi.
Stevens juga mengatakan kebijakan akomodatif masih dibutuhkan. “Dengan inflasi masih konsisten dengan target, dan pertumbuhan sedikit di bawah tren tahun ini, kebijakan akomodatif masih tepat,” katanya. Namun, ia menambahkan prospek inflasi, sesuai perhitungan terakhir, memperlihatnya adanya ruang untuk melonggarkan kebijakan, bila memang diperlukan.
Menurut Stevens, memang ada tanda-tanda pelonggaran yang dilakukan berdampak pada ekonomi. Di sisi lain, nilai tukar masih lebih tinggi dari yang diperkirakan,  ekspor merosot dan permintaan kredit masih rendah.

Tidak ada komentar: