BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 28 November 2013

ECB Bisa Saja Jalankan LTRO Lagi, Asal…

ECB sedang mempertimbangkan melanjutkan program pinjaman murah lagi atau yang disebut dengan Long-Term Refinancing Operation (LTRO). Tapi dana hanya akan dikucurkan bila bank sepakat mau menggunakannya untuk membiayai bisnis, menurut berita dari surat kabar Jerman.
EuroPresiden ECB Mario Draghi dan anggota dewan lainnya berulang lagi menyebut masih ada beberapa opsi yang bisa diambil, termasuk melaksanakan kembali operasi likuiditas untuk membantu ekonomi zona euro yang masih rentan dan memastikan arus kredit ke sektor riil.  Program itu pertama kali dijalankan pada akhir 2011 dan awal 2012, dengan memberlakukan tenor tiga tahun, ECB mengucurkan sampai 1 triliun euro.
Tapi kali ini, opsi yang sedang dipertimbangkan adalah bank bisa mendapatkan akses likuiditas itu bila bersedia mengalirkan dana itu dalam bentuk pinjaman ke industri, ritel dan sektor jasa, seperti ditulis oleh Sueddeutsche Zeitung dalam edisi kemarin. Surat kabar itu juga menyebutkan program itu nantinya hanya berlangsung selama sembilan sampai 12 bulan saja.
Program LTRO baru itu menjadi salah satu kemungkinan yang dipertimbangkan oleh ECB sebagai solusi untuk menggairahkan ekonomi setelah memangkas suku bunganya bulan ini ke rekor terendah 0,25%. Menurut pollig Reuters, operasi itu bisa terjadi pada kuartal pertama 2014. Anggota dewan ECB Jens Weidmann belum lama mengatakan ECB harus memastikan program likuiditasnya tidak terlalu agresif.

Tidak ada komentar: