BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 17 Maret 2014

Emas Kembali Menguat Setelah Referendum Crimea

Harga emas masih diperdagangkan dekat level tertinggi enam bulan, setelah saham jatuh dan hasil referendum di Crimea.
Di tahun ini, harga emas telah mengalami kenaikan sekitar 15%. Penguatan emas didorong oleh isu geopolitik serta kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi global yang mendorong permintaan emas sebgai safe haven.
Bursa saham global mengalami kejatuhan setelah adanya pelambatan ekonomi China menyusul data-data ekonomi China yang mengecewakan.
Pasar juga resah dengan memanasnya hubungan Rusia dan Barat menyusul hasil referendum di Crimea. Kemarin, Crimea menggelar referendum untuk menentukan apakah wilayah di semenanjung Laut Hitam itu tetap bersama Ukraina atau masuk dalam Rusia. Menurut hasil terbaru, 95,5% warga memilih untuk berpisah dengan Ukraina dan bergabung ke Rusia. Namun referendum ini dianggap ilegal oleh Barat. Washington menolak hasil referendum itu dan menganggapnya sebagai pelanggaran hukum internasional. Di saat yang sama, AS bersama negara Barat lainnya tengah mempersiapkan sanksi untuk Moskow.
Kenaikan emas juga didukung oleh meningkatntya inflow di ETF. Cadangan di SPDR Gold Trust, ETF terbesar berbasis emas, mengalami kenaikan 3,29 ton menjadi 816,59 top pada Jumat.
Sedangkan dari sisi teknikal, harga saat ini sudah bergerak di atas resistance $1.375, yang sekaligus mengkonfirmasi adanya bullish continuation. Jika harga terus bertahan di atas level tersebut, maka potensi kenaikan selanjutnnya akan berada di kisaran $1.406 – $1.433. Sedangkan trend bullish jangka pendek ini akan berakhir jika harga ditutup di bawah $1.364.
Rekomendasi
Gold

Tidak ada komentar: