BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 29 April 2014

Asia Rebound Di Tengah Penantian FOMC Meeting

Japan MarketsSaham Asia rebound hari ini, menyusul penguatan Wall Street berkat pulihnya saham teknologi, yang sempat didera aksi jual. Sembari mencermati kinerja keuangan korporat, investor menunggu hasil rapat reguler the Fed.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,1% ke 476,32 di Seoul. Bursa Jepang ditutup karena libur nasional. Indeks Kospi masih flat setelah jatuh ke level terendah dalam sebulan kemarin. Indeks Australia ASX 200  menyentuh level tertinggi dalam enam tahun. Indeks Singapura STI melemah 0,76%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng dibuka menguat 0,1%.

Wall Street berakhir positif dalam perdagangan yang fluktuatif, dengan tiga indeks utamanya sempat tertekan setelah AS dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru ke Rusia. Namun bangkitnya saham teknologi, ditambah dengan berita aktivitas merger dan akuisisi di sektor farmasi, berhasil memberi dorongan.

The Fed akan menggelar rapat hari ini dan besok, kemungkinan akan mengumumkan pengurangan stimulus lagi. The Fed diperkirakan akan mengurangi program pembelian obligasinya sebesar $10 miliar menjadi $45 miliar, semakin menyusutkan likuiditas murah. Bila dilakukan maka sudah empat kali berturut-turut the Fed melakukan taper. Tapi the Fed kemungkinan besar masih menegaskan kebijakan akomodatif tetap berjalan untuk waktu yang lama.

Bursa regional akan diisi oleh laporan keuangan perusahaan Asia, di antaranya Bank of Communications dan ICBC di Tiongkok. Meski positif, pergerakan sepertinya masih terbatas sampai ada keputusan the Fed. Seiring dengan  pemulihan ekonomi AS dan Eropa, saham terus menanjak. Namun valuasi sudah cukup tinggi, menjadikan kenaikan terbatas, kecuali ada katalis yang amat kuat.

Tidak ada komentar: