BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 19 Mei 2014

Emas Masih Sulit Menembus $1300

Harga emas masih diperdagangkan di bawah $1.300 pada perdagangan hari ini di Asia, ditengah outlook pemulihan ekonomi AS dan dampaknya terhadap kebijakan stimulus, serta ketegangan di Ukraina.

Tarik menarik sentimen tersebut membuat harga emas berfluktuasi. Positifnya data-data AS mendukung konsistensi the Fed untuk melanjutkan pengurangan stimulus (taper). Isu taper menjadi pemberat sentimen buat emas. The Fed telah mengumumkan pengurangan stimulus pada empat rapatnya terakhir.

Namun, kejatuhan emas ini mampu ditopang setelah munculnya ketegangan di Ukraina. Di tahun inii, logam mulia tersebut telah menguat sekitar 7,7% berkat meningkatnya permintaan safe haven ditengah konflik Ukraina.

Faktor yang akan menentukan pergerakan emas minggu ini adalah FOMC minutes dan pidato ketua the Fed Janet Yellen. Situasi di Ukraina yang tidak menentu berpotensi menjaga harga dari kejatuhan yang dalam.

Namun, permintaan fisik dan minat investasi yang masih rendah membuat harga kesulitan menanjak signifikan. Hal ini terlihat dari sulitnya harga menembus level psikologis $1300

Sementara dari sisi teknikal, terlihat bahwa harga masih bergerak di bawah support $1300, indikasi trend jangka pendek masih bearish. Indikator stochastic dead cross, mendukung penurunan lanjutan. Trend bearish jangka pendek ini bisa berakhir jika harga mampu ditutup di atas resistance $1300, dengan potensi kenaikan menuju kisaran $1304 (resistance trend line).Sementara support terdekat berada di $1287, jika tembus, penurunan bisa berlanjut menuju kisaran $1274 – $1281.

Rekomendasi
Gold

Tidak ada komentar: