BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 30 Mei 2014

Emas Turun 3% Minggu Ini, Potensi Rebound

Emas bergerak flat hari ini setelah turun dalam tiga hari berturut-turut. Meski begitu, logam mulia tersebut kini sedang menuju penurunan dalam dua bulan berturut-turut seiring dengan membaiknya ekonomi, mengurangi minat beli emas sebagai lindung nilai.

Minggu ini harga emas telah anjlok sekitar 3% seiring prospek ekonomi AS yang terus membaik. Data kemarin menunjukkan ekonomi AS mnngalami kontraksi di kuartal pertama. Namun, data lainnya selama seperti tunjangan penganguran, manufaktur, dan sentimen konsumen mengindikasikan bahwa pemulihan ekonomi berjalan dengan baik.

Harga emas juga terpukul oleh menguatnya bursa saham. Indek S&P 500 mencatat rekor tertinggi untuk ketiga kalinya dalam empat hari perdagangan terakhir.

Krisis geopolitik di Ukraina yang mereda juga menguarangi perannya sebagai safe haven. Namun, kondisi geopolitik di Ukraina ini masih akan menjadi fokus perhatian investor. Bila terjadi gejolak lagi di Ukraina, harga emas bisa rebound. Berita terakhir menyebutkan bahwa separatis pro-Rusia menembak jatuh helikopter militer Ukraina, menewaskan 14 tentara, dalam serangan yang berhasil meredam aksi pemberontak menyusul terpilihnya presiden baru. Emas seringkai menjadi instrumen safe have haven di tengah ketidakpastian ekonomi dan anjloknya bursa sahan.

Dari sisi teknikal, trend masih bearish, namun berpeluang rebound. Indikator stochastic yang mulai oversold, harga pun sudah meraih target dari Fibonacci extension 100% di kisaran $1251. Dengan demikian, ada potensi rebound untuk menguji resistance di $1268 – $1274. Trend bearish jangka pendek akan berakhir jika harga ditutup di atas resistance tersebut.

Rekomendasi

gold

Tidak ada komentar: