BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 20 Juni 2014

Performa Wall Street Kurang Mengesankan, Asia Rawan Koreksi

TSE 26Saham Asia terkoreksi hari ini menyusul performa Wall Street yang kurang mengesankan dan kondisi geopolitik di Irak yang masih memanas.

Indeks Nikkei masih flat, tertekan oleh penguatan yen. Indeks Kospi melemah 0,9%, mendekati level terendah dalam sebulan. Indeks Australia ASX 200 turun 0,2% karena profit taking. Di Hong Kong, indeks Hang Seng dibuka naik tipis 0,1%.

Harga minyak dunia melonjak lagi setelah Presiden Obama mengatakan akan mengirim 300 penasihat militer ke Irak untuk membantu pemerintah menghadapi kelompok militant ISIS. Isu Irak masih mempengaruhi sentimen di bursa regional.

Wall Street berakhir flat, dengan indeks S&P hanya naik 0,15%. Hasil keputusan the Fed masih memberi efek posisif. Meski mencetak rekor, tipisnya penguatan mencerminkan pergerakan saham sudah mentok.

Pada dasarnya, saham global sudah mencapai valuasi yang tinggi, terutama di AS karena indeks utamanya sudah mencetak rekor beberapa kali. Meski tren masih bullish seiring pemulihan ekonomi, tetap perlu diwaspadai adanya koreksi. Kondisi di regional juga tidak jauh berbeda, dan isu yang paling sensitif adalah perkembangan ekonomi China.

Tidak ada komentar: