BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 19 Juni 2014

Sudahkah Resesi Berakhir di Eropa?

Banyak orang mengira resesi di zona euro berakhir sekitar setahun lalu, ketika output mulai tumbuh lagi.

Namun tidak begitu menurut beberapa ekonom.
ECB
“Pertumbuhan masih rendah dan tingkat pengangguran masih tinggi untuk menyatakan resesi sudah berakhir,” kata  para ekonom yang tergabung dalam Center for Economic Policy Research (CEPR).

Menurut mereka, resesi yang mulai pada 2011 sedang dalam hibernasi. Lembaga itu melihat sejak awal 2013, zona euro masih dalam fase pertumbuhan yang sangat rendah, dan kondisi lapangan kerja tidak banyak berubah selama periode itu.

Resesi dianggap berakhir ketika terjadi pertumbuhan positif dalam dua kuartal berturut-turut.  Zona euro mencapai kondisi itu ketika mencatat pertumbuhan 0,5% di kuartal ketiga setelah tumbuh 1,3% di kuartal kedua tahun lalu. Tapi lembaga nirlaba yang berbasis di London itu tidak setuju dengan definisi tersebut.

Menurutnya, para ekonom dan pembuat kebijakan perlu melihat indikator lain yang lebih luas, seperti kesinambungan pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja. Saat ini, tingkat pengangguran di zona euro mencapai 11,7%, masih dekat rekor 12%.

Apakah resesi di zona euro sudah berakhir atau belum memang masih diperdebatkan. Ada beberapa ekonom yang melihat resesi adanya perbaikan. Tom Rogers, ekonom dari Ernst & Young mengatakan zona euro sedang dalam pemulihan karena ada pertumbuhan dalam beberapa kuartal. Tapi ia sepakat pertumbuhan masih rendah.

CEPR beranggotakan lebih dari 700 ekonom, yang sebagian besar bekerja di universitas yang tersebar di Eropa. Lembaga ini mencatat periode pertumbuhan dan resesi, sama seperti yang dilakukan oleh National

Bereau of Economic Research di AS.

Tidak ada komentar: