BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 24 Juli 2014

Fluktuasi Asia Kini Dipicu Data China

Nikkei
 
Indeks Nikkei ditutup melemah kemarin di tengah volume perdagangan yang relatif terbatas. Investor cenderung berhati-hati menentukan posisi baru karena banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya geopolitik di jalur Gaza. Disamping itu, pergerakan yen yang cenderung stabil turut menahan pergerakan indeks. Saham unggulan SoftBank Corp dan saham ekspor Honda Motor Co pimpin penurunan indeks. Indeks Nikkei ditutup turun 14,72 poin, atau 0,10%, ke posisi 15.328,56.

Potensi kenaikan indeks Nikkei bisa kembali terjadi, menyusul sentimen positif dari kinerja keuangan korporat AS. Kini indeks mendekati level resisten 15.400. Disamping itu, investor kini menantikan survey manufaktur China dan serangkaian data ekonomi sejenis dari Eropa dan AS. Estimasi data manufatur China di Juli diperkirakan naik 51,2 dari sebelumnya 50,7.

Rekomendasi

NKI 24-07-14
NKI SIGNAL 24-07-14

Kospi
 
Laju indeks Kospi kemarin tersendat, setelah sehari sebelumnya catat level tertingginya tahun ini. Indeks ditutup melemah tipis karena aksi jual investor institusi dan investor perorangan. Sementara mata uang won menguat terhadap dollar AS. Indeks yang mengalami pelemahan diawal pembukaan, tetap bertahan di zona merah hingga penutupan. Indeks Kospi ditutup turun tipis 0,61 poin, atau 0,03%, ke posisi 2.028,32.

Meski mengalami penguatan diawal perdagangan pagi ini, indeks Kospi tengah di bayangi sentimen dalam negeri mengenai stimulus ekonomi pemerintah Korsel. Tapi pencapaian level tertingginya dalam delapan bulan, indeks dinaungi sentimen negatif aksi ambil untung.  Investor diperkirakan akan bereaksi dari rilisan data manufaktur China.

Rekomendasi

KSI 24-07-14
KSI SIGNAL 24-07-14

Hang Seng
 
Indeks Hang Seng catat kenaikan tajam perdagangan kemarin, dimana berhasil tutup di level tertingginya sejak Desember lalu. Lonjakan saham-saham pengembang properti karena harapan adanya kebijakan baru di sektor itu. Disamping itu inflow yang cukup deras dan tidak adanya berita negatif China membuat saham-saham unggulan menguat. Indeks Hang Seng ditutup menguat 189,76 poin, atau 0,80%, ke posisi 23.971,87.

Kenaikan indeks Hang Seng diperkirakan berlanjut menyusul saham-saham di Wall Street yang menguat.

Sentimen baik datang dari AS karena laporan keuangan perusahaan yang secara keseluruhan adalah positif.

Perlu dicermati pula, saham global memang sudah mencapai valuasi yang tinggi, terutama di AS. Timbul sentimen negatif dapat memicu aksi profit taking. Penguatan signifikan kini diperkirakan terlihat sulit. Fokus kini data China.

Rekomendasi

HSI 24-07-14
HSI SIGNAL 24-07-14

Tidak ada komentar: