BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 22 Agustus 2014

Jakcson Hole Dinanti, Laju Asia Bisa Terbatas

kospi 39Saham Asia bergerak positif hari ini menyusul penguatan Wall Street yang didukung oleh data ekonomi AS. Tapi pergerakan kemungkinan terbatas menjelang pertemuan bank sentral di Jackson Hole. 

Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,1% di Tokyo pagi ini. Indeks Nikkei menguat 0,15%. Indeks Kospi menguat 0,55%. Indeks Singapura STI naik 0,25%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng menanjak 0,26%. Wall Street berlabuh di zona hijau, dengan indeks S&P mencetak rekor di 1992.

Penguatan terjadi menyusul data ekonomi AS, antara lain initial jobless claims, Philadelphia Fed dan exitising home sales. Klaim tunjangan pengangguran turun  ke bawah 300.000. Aktivitas manufaktur di Mid-Atlanic mencapai level tertinggi sejak Maret 2011 di Agustus, dan penjualan rumah bekas tumbuh ke level tertinggi dalam 10 bulan di Juli.

Fokus utama pasar hari ini adalah pertemuan tahunan bank sentral di Jackson hole, Wyoming. Ketua the Fed Janet Yellen akan menjadi pembicara utama dalam pertemuan itu dan pasar berharap ada petunjuk soal prospek kebijakan moneter ke depan. Konfirmasi bahwa kebijakan akomodatif masih berjalan untuk waktu yang lama bisa mengangkat saham.

Seiring pemulihan ekonomi dunia, terutama di AS, prospek saham tetap bullish, apalagi bila kebijakan tetap longgar.  Tapi saham global sudah mencapai valuasi yang tinggi, terutama di AS, di mana indeks utama sudah mencetak rekor beberapa kali sepanjang tahun ini.  Alhasil, penyesuaian atau koreksi akan tak terelakkan suatu saat.

Tidak ada komentar: