BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Jumat, 12 September 2014

Jumlah Klaim Pengangguran Alami Kenaikan, Tetapi Penyerapan Tenaga Kerja Masih Positip

Jumlah warga negara Amerika Serikat yang mengajukan tunjangan pengangguran (new claims) diluar perkiraan tunjukkan peningkatan untuk periode minggu lalu, tetapi ada kemungkinan yang cukup besar kondisi pasar tenaga kerja masih cukup baik, karena jumlah tersebut masih mendekati kondisi sebelum terjadinya resesi ekonomi.
029
Berdasarkan data yang dilaporkan oleh departemen tenaga kerja pada hari Kamis kemarin, terjadi penambahan klaim sebesar 11.000 menjadi 315.000 dengan penyesuaian efek musiman untuk periode mingguan yang berakhir pada 6 September. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak bulan Juni.

Sebelumnya berdasarkan hasil pooling Reuters diperkirakan jumlah klaim adalah 300.000.

Diduga penyebab kenaikan klaim tersebut karena adanya pengaruh hari libur sehingga rekrutmen karyawan sedikit terganggu. Analis Departemen Tenaga kerja menyatakan bahwa pada periode tersebut tidak ada faktor spesial yang pengaruhi data.

Penutupan Atlantic City Casino diperkirakan akan berikan pengaruh terhadap klaim pengangguran untuk minggu depan.

Pertumbuhan tenaga kerja alami gangguan pada periode Agsutus, dimana pada periode tersebut jumlah penyerpan tenaga kerja terlihat hanya mencapai 142.000 orang, dan mengakhiri enam periode bulanan dimana penyerapan tenaga kerja terus bertahan pada angka diatas 200.000.

Walaupun alami penurunan, informasi dari data-data terkait penyerapan tenaga kerja, termasuk diantaranya adalah data manufaktur dan sektor jasa berdasarkan hasil survei masih indikasikan bahwa pasar tenaga kerja relatif cukup kuat.

Tidak ada komentar: