BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 20 November 2014

Dollar Stabil Pasca Fed Minutes

Dollar stabil dekat level tertinggi dalam empat tahun meski setelah FOMC Minutes tidak memberikan petunjuk jelas mengenai kapan kenaikan suku bunga bisa terjadi. Sedangkan sterling berhasil rebound menyusul BOE Minutes yang menyinggung soal inflasi, namun tren terlihat belum berubah.

Minutes dari rapat 28-29 Oktober itu, yang memutuskan berakhirnya program pembelian obligasi, menunjukkan adanya perdebatan mengenai opsi kebijakan. Beberapa pejabat menyarankan sebaiknya menghilangkan janji memberlakukan bunga rendah untuk waktu yang lama (considerable time), tapi sebagian lain khawatir langkah itu bisa mempercepat ekspektasi kenaikan suku bunga.

Para pejabat juga disebut khawatir dengan rendahnya inflasi karena penurunan harga energi dan faktor lainnya. Pasar berharap melihat para pejabat mulai menyampaikan pandangan yang hawkish sekaligus juga mengakui perkembangan ekonomi yang terjadi, seperti pertumbuhan lapangan kerja yang sehat. Tapi sepertinya masih ada keraguan dalam komite, jadi mereka tetap status quo dulu.

Meski Minutes tidak se-hawkish yang diharapkan, pergerakan dollar tetap terjaga, masih tidak tergoyahkan.

Hal ini mencerminkan pandangan bahwa bagaimanapun keunggulan ekonomi dan prospek kebijakan moneter masih dimiliki AS. Pertumbuhan AS terpesat di antara negara maju dan the Fed masih berpeluang menjadi bank sentral negara maju pertama yang bisa menaikkan suku bunga. Untuk nanti malam, ada data beberapa data penting AS, salah satunya inflasi. Kenaikan inflasi dapat mendukung prospek kenaikan suku bunga pertengahan tahun depan.

Indeks dollar berada di 87,68 bergerak konsolidasi selama dua minggu terakhir, dekat level tertinggi dalam empat tahun 88,30. Terhadap yen, dollar melanjutkan trennya dengan menguat 0,1% ke 118,26 dengan sempat menyentuh 118,30 atau tertinggi dalam tujuh tahun, mendekati resistance 118,75. Atas franc, dollar diperdagangkan di 0,9575.

Sementara itu, sterling diperdagangkan di $1,5676 setelah rebound dari level terendah dalam setahun kemarin. Penguatan ini lebih bersifat teknikal karena BOE Minutes kemarin tidak berbeda seperti sebelumnya, yaitu hanya dua anggota yang memilih menaikkan rate lebih cepat, sebagian lain menolak.

Sterling kini bergerak dalam rentang $1,5600 dan $1,5750.

Rekomendasi
 
EUR-USD
EUR SIGNAL 20-11-14

USD-JPY
JPY SIGNAL 20-11-14

GBP-USD
GBP SIGNAL 20-11-14

USD-CHF
CHF SIGNAL 20-11-14

AUD-USD
AUD SIGNAL 20-11-14

Tidak ada komentar: