BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 24 November 2014

ECB Siap Perluas Pembelian Aset

Presiden ECB Mario Draghi memberi sinyalemen kuat bahwa pihaknya siap memperluas program pembelian aset bila inflasi terus rendah untuk waktu yang lama.
Mario Draghi 2
“Kami akan terus menjalankan tanggung jawab, melakukan apapun yang diperlukan untuk menaikkan inflasi dan ekspektasi inflasi secepat mungkin, sesuai mandat stabilitas harga,”  katanya dalam pidato kongres perbankan di Frankfurt.  Ini merupakan kesekian kalinya Draghi mengisyaratkan kemungkinan menerapkan kebijakan Quantitative Easing (QE).

Menurutnya, ada kombinasi kebijakan yang tepat untuk mengembalikan pertumbuhan dan inflasi ke tingkat yang sehat.

Kalau kebijakan yang diterapkan saat ini masih kurang untuk mencapai tujuan, pihaknya siap bertindak lebih agresif lagi. “Bila langkah yang dijalankan tidak cukup, atau inflasi semakin rendah, kami akan tambah tekanan dan memperluas intervensi, dengan mengubah skala, tahapan dan komposisi pembelian,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia memperingatkan soal situasi ekonomi yang sulit di zona euro, di mana pertumbuhan terus rendah dan tidak ada perkembangan berarti diperkirakan datang dalam bulan-bulan mendatang.

“Akhir-akhir ini, indikator terus merosot ke level yang menurut saya sudah terlalu rendah, ujarnya.

Ekonomi zona euro terus dirundung oleh pertumbuhan dan inflasi rendah. PDB selama kuartal ketiga hanya tumbuh 0,6% per tahun dan 0,2% per kuartal. Sedangkan inflasi hanya naik 0,4% selama Oktober, jauh di bawah target ECB 2%. Sebagai upaya menyelamatkan ekonomi, ECB berencana menambah neracanya kembali ke level 2012, yaitu sekitar 3 triliun euro, atau bertambah sekitar 1 triliun euro.

Tidak ada komentar: