BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 25 November 2014

Jelang Data AS, Emas Koreksi

Harga emas masih berada di bawah area $1,200 pada perdagangan hari ini di Asia, melanjutkan penurunan dari sesi sebelumnya, ditengah perhatian investor menjelang data ekonomi AS.

Logam mulia tersebut terkoreksi sebesar 0,3% semalam, seiring dengan meredanya eforia pemangkasan suku bunga China. Para pelaku pasar kini tengah menantikan data-data ekonomi AS, yang akan mengukur sejauh mana kekuatan ekonomi AS dan pengaruhnya terhadap dollar. Penguatan dollar membuat harga emas menjadi mahal bagi pemegang mata uang selain dollar, dan mengurangi daya tarik emas sebagai sarana lindung nilai.

Investor juga kini tengah mencermati perkembangan referendum di Swiss atas proposal yang akan memaksa bank sentral untuk meningkatkan cadangan emasnya. Referendum yang digelar 30 Nopember nanti juga mencegah agar bank sentral tidak melepas cadangan emasnya, dan menarik asset emasnya yang ada di luar negeri. Pelaku pasar melihat referendum tersebut berpotensi mengangkat harga, yang jatuh ke level terendah dalam 4,5 tahun bulan ini. Hasil poling terbaru menunjukkan dukungan atas proposal tersebut merosot jadi hanya 38%

Dari sisi teknikal, harga masih bergerak di atas MA 10, indikasi trend jangka pendek masih bullish. Namun dengan gagalnya harga bertahan di atas resistance $1204, bisa menjadi sinyal reversal, yang juga didukung oleh indikator stochastic yang overbought dan berpeluang dead cross. Untuk itu, kami melihat adanya potensi koreksi untuk menguji support di area $1.180 – $1.187. Trend bullish jangka pendek berakhir jika kemudian harga ditutup di bawah support tersebut.

Rekomendasi
rekom

Tidak ada komentar: