BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 22 Juni 2015

Diambang Bahaya, Yunani Masuki Nego Krusial

Yunani menghadapi 24 jam kritisnya di saat para pemimpin Eropa bersiap menggelar pertemuan darurat yang harus menyelesaikan kebuntuan antara negara itu dengan kreditornya.
Alexis Tsipras
Kemarin, Perdana Menteri Alexis Tsipras mengajukan proposal baru untuk mencegah default. Disampaikan kepada Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, Presiden Perancis Francois Holande dan Kanselir Jerman Angela Merkel, Tsipras mengatakan proposalnya itu saling menguntungkan, dan menyedikan penyelesaian permanen, bukan sekedar solusi sementara.

Para pemimpin Eropa menggelar pertemuan darurat hari ini di Brussels untuk membicarakan masalah Yunani.

Tsipras akan berbicara dengan kepala tiga kreditor, yaitu ECB, IMF dan Uni Eropa sebelum bertemu dengan 18 pemimpin zona euro lainnya. Tawaran ini merupakan pertanda Athena siap membuat kompromi.

Pertemuan ini dianggap krusial karena menjadi momen terakhir untuk menyelamatkan Yunani. Pertemuan ini digelar menyusul aksi penarikan simpanan besar-besaran di Yunani, yang berpotensi memicu krisis perbankan. Nasabah sudah menarik miliaran euro dalam seminggu terakhir, akibat kandasnya pembicaraan utang mendekatkan Yunani ke jurang default.

Athena harus membayar utang 1,6 miliar euro ke IMF pada 30 Juni nanti. Bila tidak bisa membayar, Yunani dianggap default.Alhasil, ini merupakan minggu terakhir untuk mencapai kesepakatan dengan kreditor.

Tidak ada komentar: