BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 22 Juni 2015

Weekly Outlook US: Eropa Akan Kembali Berikan Guncangan Bagi Pasar

Pada minggu ini, pada akhirnya permasalahan krisis hutang Yunani mencapai puncaknya, dan pasar akan alami ujian besar terhadap peristiwa tersebut.

Pada minggu ini, juga akan dirilis sejumlah data-data ekonomi penting Amerika, mulai dari data exiting home sales yang rilis hari Senin, durable goods yang rilis hari Selasa, data GDP final kuartal pertama yang rilis hari Rabu, serta data personal Income dan Spending yang rilis hari Kamis.

Data-data ekonomi tersebut akan menjadi data-data penting bagi para pelaku pasar, karena akan menjadi acuan terhadap kondisi ekonomi Amerika. Jika data ekonomi indikasikan adanya kenaikan penghasilan, maka kondisi tersebut akan diartikan sebagai adanya peluang besar untuk terjadinya inflasi dan jika inflasi dapat terbentuk maka kondisi tersebut akan menjadi triger penting bagi FED untuk ambil kebijakan kenaikan tingkat suku bunga.

Saham di Amerika pada minggu lalu alami kenaikan setelah FED menyatakan bahwa kondisi ekonomi terlihat belum memenuhi kondisi untuk ambil kebijakan kenaikan tingkat suku bunga. Walaupun keluarkan pernyataan demikian, tetapi FED juga menyatakan bahwa kenaikan tingkat suku bunga tetap akan diambil pada tahun ini, disaat kondisi ekonomi mendukung kebijakan tersebut.

Disisi lain, kenaikan yang terjadi pada minggu lalu diakhiri oleh penurunan pada hari Jum’at akibat para trader yang ambil posisi aman menjelang pertemuan para petinggi finansial negara-negara zona-euro yang akan dilakukan pada hari Senin ini. Masalah Yunani kemungkinan besar akan menjadi salah satu topik penting yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, pada hari Jum’at minggu lalu dilaporkan ECB telah menaikkan anggaran bantuan modal kepada perbankan Yunani senilai 1,8 milliar euro atau sebanding dengan $2 milliar. Data terpisah dilaporkan oleh Reuters menyebutkan bahwa pada minggu lalu ada sebanyak 4,2 milliar euro dana nasabah yang ditarik dari perbankan-perbankan Yunani.

Masalah Yunani juga terlihat semakin memanas, dimana negara tersebut memiliki kewajiban jatuh tempo kepada IMF senilai 1,5 milliar euro pada 30 Juni mendatang.

Setelah pertemuan para menteri keuangan zona-euro yang dilakukan pada hari Senin minggu ini, selanjutnya pada pemimpin zona-euro juga akan lakukan pertemuan.

Saham alami sentimen jual pada hari terakhir minggu lalu, dan saham ditutup dekat dengan level terendah pergerakan harian. Adanya kombinasi berakhirnya kontrak opsi dan produk berjangka juga ikut berikan pengaruh terahadap penurunan tersebut. Walaupun alami penurunan pada hari Jum’at, tetapi secara keseluruhan pada minggu lalu saham alami kenaikan. Dow alami kenaikan sebesar 0,6 persen menjadi 18.015 dan S&P 500 alami kenaikan sebesar 0,7 persen menjadi 2.109. Nasdaq berhasil tembus level harga tertinggi 15 tahun, walaupun pada hari Jum’at tetap alami penurunan. Nasdaq pada minggu lalu ditutup dengan kenaikan sebesar 1,3 persen menjadi 5.117.

Berikut adalah rangkuman data dan even penting untuk keseluruhan minggu ini

Senin

21:00 WIB: Existing home sales

Selasa

19:30 WIB: Fed Gov. Jerome Powell on economy and monetary policy
19:30 WIB: Durable goods
20:00 WIB: FHFA HPI
20:45 WIB: Manufacturing PMI
21:00 WIB: New home sales
24:00 WIB: Two-year auction

Rabu

19:30 WIB: Real Q1 GDP (3rd)
24:00 WIB: Five-year auction

Kamis

19:00 WIB: Fed Gov. Daniel Tarullo on economy and financial regulation
19:30 WIB: Initial claims
19:30 WIB: Personal income/spending
20:45 WIB: Services PMI
20:45 WIB: Fed Gov. Jerome Powell on payment system
24:00 WIB: 7-year note auction

Jum’at

21:00 WIB: Consumer sentiment
23:45 WIB: Kansas City Fed President Esther George on the payments system

Tidak ada komentar: