BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 22 Juni 2015

EUR/JPY Konsolidasi di Tengah Isu Yunani

EUR/JPY berkonsolidasi, bergerak dalam range 139-140 di tengah penantian pasar akan penyelesaian masalah bailout Yunani.
EURJPYH4
Para pemimpin Eropa akan menggelar pertemuan darurat mengenai Yunani. Pertama, ada Eurogroup, yaitu pertemuan menteri keuangan zona euro, yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan pemimpin Uni Eropa. Pertemuan ini digelar untuk membahas masalah Yunani, yang sedang diambang default dan krisis finansial. Di akhir pekan, ada laporan mengenai proposal baru yang diajukan oleh Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras.

Pertemuan ini krusial karena menjadi kesempatan terakhir menghasilkan terobosan dalam mencegah Yunani default dan keluar dari zona euro. Bila tidak ada kesepakatan minggu ini, Yunani hampir dipastikan default bila tidak bisa membayar utang ke IMF sebesar 1,6 miliar euro pada 30 Juni nanti.

Bila ada perkembangan positif dari pertemuan itu, EUR berpotensi menguat. Sebaliknya, JPY bsia mendapat dorongan pada status safe havennya bila tidak ada hasil apa-apa hari ini. Namun, untuk sementara, sepertinya pair ini masih bergerak dalam range yang sama apapun hasilnya.

Menggunakan grafik H4, EUR/JPY terpantau bergerak sideways. Memasuki sesi Eropa, posisinya stabil di 139,95. Bila menembus level 138,95 maka pair ini berpotensi menuju 138,00. Tapi bila berhasil melampaui 14,00 bisa menjadi potensi bullish dengan target selanjutnya di 141,00.

Tidak ada komentar: