BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 22 Juni 2015

Minyak Ke $60 Jelang Pertemuan Soal Yunani

Minyak naik dalam perdagangan hari ini di saat investor optimis mengenai negosiasi utang Yunani. Namun masalah pasokan yang berlimpah masih menghambat laju harga.
Oilfield 3
Para pemimpin zona euro akan menggelar pertemuan darurat hari ini untuk mencapai kesepakatan mengenai bailout Yunani. Di saat yang sama, Yunani punya proposal yang diklaim bisa menjadi solusi permanen. Pertemuan ini krusial karena menjadi kesempatan terakhir menghasilkan terobosan dalam mencegah Yunani default dan keluar dari zona euro.

Terangkat oleh optimisme mengenai deal Yunani, harga kesulitan menanjak lebih jauh akibat kondisi oversupply. Samudra Atlantik masih penuh dengan kargo minyak tak terjual meski permintaan di musim panas tinggi. Sekitar 10 juta barel minyak Nigeria masih mengarungi laut Afrika Barat. Menurut Adam Longson, analis Morgan Stanley, beberapa kargo perlu waktu hingga 3 bulaan untuk mendapatkan pembeli.

Pada dasarnya, harga minyak terus berkonsolidasi, mencerminkan adanya dua kuat antara pembeli dan penjual. Buyer didukung oleh prospek tingginya permintaan di AS, terkait musim panas. Selain itu, musim badai dan harapan berkurangnya produksi shale di sana, juga turut menjaga harga. Sedangkan seller di dukung oleh alasan pasokan yang masih berlimpah. Laporan terbaru menyebutkan output OPEC mencapai 31 juta barel per hari selama Mei.

Minyak jenis Light Sweet untuk pengiriman Juli naik 86 sen ke $60,30 per barel. Sejauh ini harga masih mampu bertahan di atas MA 25. Dalam beberapa sesi terakhir, range pergerakan harga di $58,50-61,80.

Bila jatuh ke bawah $58,50, masih ada support di $57,00. Ke atas, bila berhasil melampaui $61,80, target selanjutnya adalah $62,00-62,50.

Tidak ada komentar: