BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Senin, 22 Juni 2015

Harapan Deal Yunani Angkat Saham Asia

Saham Asia bergerak positif hari ini di tengah harapan akan adanya resolusi untuk menyelesaikan masalah Yunani menjelang pertemuan darurat di zona euro.
Asian Stocks 4
Akhir pekan lalu, Wall Street terdampar di zona merah, dengan ketiga indeksnya berakhir dekat low. Tekanan datang dari masalah Yunani, yang diberitakan sedang menuju krisis perbankan. Krisis itu terjadi di saat Yunani belum diambang default dan keluar dari zona euro. Indeks Dow Jones melemah 0,55% dan indeks S&P 500 turun 0,53%.

Setelah terjadi penarikan dana besar-besaran dari bank, yang berpotensi memicu krisis perbankan, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menawarkan paket baru kepada kreditor, menunjukkan keinginan untuk kompromi. Hal itu memberikan harapan adanya deal dalam pertemuan darurat hari ini. Tapi masih belum jelas sejauh mana proposal itu sesuai dengan tuntutan kreditor.

4 miliar euro sudah terkuras dari bank Yunani setelah kegagalan negosiasi minggu lalu memicu aksi rush. Bila tidak ada kesepakatan dalam waktu dekat, Athena akan terpaksa menerapkan kendali modal, yaitu membatasi penarikan uang. Sumber menyebutkan ECB juga akan menyediakan likuiditas ke sektor perbankan Yunani.

Sejauh ini, pasar mulai melihat adanya kesepakatan untuk mencegah Yunani default dan keluar dari zona euro, meski belum tentu terjadi deal-nya hari ini. Di Jepang, indeks Nikkei menguat 0,9%, namunm lajunya dihambat oleh penguatan yen. Di Korsel, indeks Kospi menguat 0,4%, didukung oleh saham blue chips. Di Hong Kong, indeks Hang Seng menanjak 0,5%. Indeks Singapura STI melesat 0,66%. Tapi IHSG dibuka melemah 0,17%.

Tidak ada komentar: