BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Rabu, 17 Juni 2015

Tunggu The Fed, Saham Asia Variatif

Saham Asia bergerak variatif hari ini, meski setelah rebound Wall Street. Aktivitas perdagangan diperkirakan sepi menjelang hasil rapat the Fed.
Asian stock 5
Semalam, saham AS berlabuh di zona hijau di saat investor menunggu hasil rapat the Fed malam nanti. Tapi kenaikan ini terjadi di tengah rendahnya transaksi, mencerminkan perdagangan yang hati-hati. Analis mengatakan investor enggan mengambil risiko besar sebelum pengumuman the Fed. Indeks Dow Jones menguat 0,64% dan indeks S&P 500 naik 0,57%.

Bursa saham global kini menunggu hasil rapat the Fed untuk mencari petunjuk mengenai prospek kebijakan. Pasar ingin kejelasan mengenai wacana kenaikan suku bunga dan pandangan the Fed soal kondisi ekonomi terkini. Para ekonom meyakini the Fed mulai menaikkan rate pada September nanti.

The Fed belum pernah menaikkan suku bunga sejak 2006 dan terus di level nol persen sejak krisis finansial 2008. Kenaikan suku bunga kemungkinan menambah biaya pinjaman bisnis dan konsumen, serta menciptakan volatilitas bagi saham karena investor mengalihkan dana ke ase ber-yield.

Fokus pasar lainnya adalah masalah Yunani. ECB diperkirakan mengumumkan perubahan bantuan likuiditas untuk Yunani. Yunani harus membayar utang 1,6 miliar euro dua minggu lagi dan dengan kandasnya negosiasi bailout, Athena terancam default. Perhatian juga tertuju ke Hong Kong, di mana Dewan Legislatif akan memilih paket pemilu kontroversial gagasan China, di mana publik memilih langsung kepala daerah tapi kandidat ditentukan oleh Beijing.

Di Jepang, indeks Nikkei melemah 0,38% setelah sempat rebound 0,2% di awal perdagangan. Posisi indeks masih dekat level tertinggi dalam 15 tahun. Di Korsel, indeks Kospi melemah 0,11% dekat level terendah dalam dua bulan. Di Hong Kong, indeks Hang Seng menguat 0,7% setelah koreksi selama dua ses sebelumnya. Indeks Shanghai masih flat, setelah anjlok 3% kemarin. Indeks Singapura STI menguat 0,86%.

Tidak ada komentar: