BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Selasa, 23 Juni 2015

Optimisme Deal Yunani Jaga Laju Saham Asia

Saham Asia masih menapaki zona hijau sampai hari ini, di tengah optimisme akan tercapainya kesepakatan antara Yunani dan kreditor, yang juga mengangkat Wall Street.
Asian Stocks

Semalam, tiga indeks utama AS berhasil melanjutkan penguatan setelah investor semakin optimis bakal ada kesepahaman untuk menyelamatkan Yunani dari ancama default. Sektor yang menjadi pilihan utama dalam perdagangan kemarin adalah keuangan dan kesehatan. Indeks Nasdaq berhasil mencetak rekor baru.

Yunani menyampaikan proposal baru dalam pertemuan darurat kemarin dan para pemimpin zona euro menyambut baik dengan menyebutnya sebagai basis menuju kesepakatan. Proposal Yunani mencakup kenaikan pajak dan aturan yang membatasi pensiun dini, tapi bukan pemotongan gaji dan pensiun seperti yang dituntut oleh kreditor.

Namun masih perlu dinantikan apakah proposal itu disetujui, karena beberapa pejabat masih ragu, seperti Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Di Asia, investor menyambut data manufaktur China. Indeks PMI manufaktur versi HSBC naik ke 49,6 di Juni dari 49,2 di Mei. Di Jepang, indeks Nikkei reli 1,5% ke level tertinggi dalam 15 tahun, turut didukung oleh pelemahan yen. Di Korsel, indeks Kospi melesat 1,25%, dipimpin oleh saham teknologi dan konstruksi. Di Hong Kong, indeks Hang Seng menguat 0,2%. Indeks Singapura STI menanjak 0,3%.

Tidak ada komentar: